Home / Ngampus / Mahasiswa IAIN Purwokerto Berpenghasilan Terbanyak
www.pictaramviewer.com

Mahasiswa IAIN Purwokerto Berpenghasilan Terbanyak

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa berpenghasilan? Siapa bilang mahasiswa kere? Siapa bilang mahasiswa bisanya hanya demo? Hal tersebut tidak berlaku bagi seorang mahasiswa bernama Cahyo Budi Priyoko, mahasiswa Fakultas Ekonimi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto telah menampikkan stereotip –stereotip tersebut. Cahyo berhasil meraih Enterpreuner Award dari Univeritas Muhammadiyah Purwokerto dalam katagori mahasiswa berpenghasilan terbanyak.

Berapa penghasilan Cahyo sehingga ia pantas mendapatkan pengahargaan tersebut? Penghasilannya terbilang sangat fantatis untuk ukuran mahasiswa, yaitu sebesar Rp. 121 juta per tiga bulan. Artinya, pendapatan Cahyo per bulannya sebesar Rp. 40 juta. Disaat kebanyakan mahasiswa hanya mengandalkan uang kiriman dari orang tua, Cahyo justru mampu memberikan kiriman uang kepada orang tuanya.

Disaat kebanyakan mahasiswa hanya bisa mengahiskan uang dari orang tua, Cahyo justru mampu menghasilkan uang dengan jerih payahnya. Disaat kebanyakan mahasiswa risau karena kurang piknik, Cahyo, yang merupakan Chief Executive Officer and Founder Morning Star Indonesia justru sedang bergelut dengan usaha yang sedang ditekuninya.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Aula A.K. Anshori, Universitas Muhammadiyah, Dukuh Waluh, Purwoketo, pada Minggu, 26 November 2017. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Akhamad Darmawan selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP.

Kategori lain, yaitu laba dan omzet terbanyak diraih oleh Resika A. Priyono, pengusaha cimol kategori legalitas terlengkap diaraih oleh Makdul P, pengusaha susu telur madu jahe (STMJ) atau jahe instan.

Cahyo Bayu Priyoko mengaku bangga atas prestasi yang diraihanya, mengingat dirinya masih berstatus mahasiswa. penyerahan penghargaan, Cahyo Bayu Priyoko yang merupakan Chief Executive Officer and Founder Morning Star Indonesia mengaku bangga atas keberhasilan yang diraihnya meskipun masih berstatus mahasiswa.

“Saya mulai menekuni dunia entrepreneur sejak 2014 atau saat kuliah semester keempat. Usaha pertama yang saya tekuni dengan membuka angkringan (warung makan), jualan keripik tempe, dan menjadi anggota tim event organizer pada sebuah perusahaan EO,” katanya. (republika.co.id)

Pretasi yang diraihkan tidak diperoleh begitu saja. Cahyo seringkali mengikuti seminar dan pelatihan kewirausahaan, bahkan hingga ke luar kota. Tidak tanggung-tanggung, pembicara dalam seminar yang dia ikuti merupakan motivator ulung, antara lain Merry Riana, Bong Chandra, Mario Teguh, Tung Desem Waringin, Jaya Setia Budhi, Ippho Santosa dan masih banyak lainnya.

Kepercayaan diri Cahyo semakin bertambah setelah mengikuti seminar dan pelatihan tersebut. Dia semakin yakin dengan potensinya. Dia semakin mantap untuk melangkah dan membuat sebuah perubahan besar yang tidak hanya bermanfaat bagi dirinya, tapi juga untuk banyak orang. Hingga akhirnya pada tahun 2016, dia membuka usaha bernama “Morning Star Indonesia”. Usaha tersebut bergerak di bidang kelas pengembangan dan acara inspiratif (Class Development and Inspirative Event).

Usahanya tersebut merupakan bentuk keperduliannya terhadap perkembangan generasi milenial di Indonesia. Langkah cerdas Cahyo memang sangat sesuai dengan kondisi generasi milenial saat ini. banyak mahasiswa lulus dengan IPK cumlaude tapi berujung menjadi pengangguran. Usut punya usut, penyebabnya adalah karena mereka tidak punya softskill. Kebanyakan dari mereka saat kuliah hanya mengejar IPK dan lulus tepat waktu.

Dalam setiap kesempatan, Cahyo senantiasa menghimbau kepada para mahasiswa agar jangan hanya mengejar IPK saja, karena hal tersebut hanya pengatar lolos ke tahap wawancara. Sedangkan yang bisa membuat mereka lolos tahap wawancara adalah softskill, kemampuan berbicara di depan umum (public speaking), kepemimpinan, dan sebaginya.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Harapan BI Usai Gelar GenBI Leadership Camp 2017

Dilansir dari replubika.co.id. Bank Indonesia (BI) mengajak mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi …

Berlibur Bersama Keluarga di Batur Agung Waterpark

Batur Agung Waterpark merupakan wana wisata yang cocok untuk menikmati waktu libur kamu bersama keluarga. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *