Home / Juguran / Lakukan 7 Hal Berikut Agar Kamar Kos Tetap Nyaman dan Aman Selama Ditinggal Mudik
blog.act.id

Lakukan 7 Hal Berikut Agar Kamar Kos Tetap Nyaman dan Aman Selama Ditinggal Mudik

Menuntut ilmu di kota orang, membuat kita rindu kampung halaman. Terlebih bagi kalian mahasiswa yang jarang pulang dengan berbagai alasan. Suka tidak suka, mudik memang sudah menjadi tradisi di Indonesia, terutama menjelang Idul Fitri. Karena sudah menjadi tradisi, rasanya kok mengecewakan orang rumah gitu kalau nggak pulang. Terlebih Emak, perempuan yang tidak pernah libur merindui dan mendoakan kita. Tuh kan jadi kangen Emak.

So, mudik lah, Nak. Nggak apa-apa kalau skipsimu belum selesai. Di hari Idul Fitri yang suci nanti, Emak pasti memaafkan dan mendoakan agar skripsmu lekas selesai. Siapkan segala keperluan mudik sejak sekarang. Eh, apa malah udah ada yang mudik? Okelah, ini untuk kalian yang baru mau mudik. Mudik dalam rangka Idul Fitri biasanya nggak sekadar sahari dua hari. Kadang sampai berbulan-bulan, terlebih bertepatan dengan libur kampus. Mantap deh, bisa sampai 2 hingga 3 bulan (khusus mahasiswa yang nggak ada keperluan di kampus selain berangkat kuliah).

Ketika mudik, tentunya kamar kos kamu ditinggal ya kan? Ya kali dibawa. Kamar atau ruangan apapun itu jika ditinggal dalam kurun waktu yang relatif lama, akan menjadi lembab, berbau, berdebu, dan parahnya sarang laba-laba bertebaran di mana-mana. Hal tersebut wajar, kecuali kamu menyewa orang buat membersihkan kamar secara berkala. Ceilah, tadjirrr tjuyyy pakai nyewa orang segala. Eh lah, kalau kosan elit mah malah ada tukang bersih-bersihnya juga kali yak?

Ya pokoknya, ada atau nggak ada yang bersih-bersih kamar kos selama kalian mudik, alangkah baiknya jika kamar kos ditinggalkan dalam keadaan baik-baik saja, karena ditinggalkan dalam keadaan kacau akan menimbulkan luka yang lebih dalam. Sebelum mudik, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini supaya kamar kos kamu tetap aman dan konsisinya tidak terlalu buruk ketika kamu kembali lagi suatu saat nanti.

1. Cuci seprei dan sarung bantal, ganti yang baru.

linkedin.com

 

Cucilah seprei dan sarung bantal, tapi bukan berarti semua yang kamu punya harus dicuci, yang habis dipakai saja. Setelah dicuci, gantilah dengan seprei dan sarung bantal yang baru. Hal tersebut dilakukan agar debu tidak langsung menempel ke kasur dan bantal karena tertahan oleh lapisan seprei dan sarung bantal. Mending mana coba? Nyuci kasur atau nyuci seprei dan sarung bantal?

2. Pastikan tidak ada baju kotor

warungsprei.com

 

Salah satu sumber bau tidak sedap yakni baju kotor. Buat kamu yang gemar menumpuk bagu kotor di dalam kamar, cuci dulu gidah. Kalau malas dan masih punya uang lebih bisa laundry.

3. Pastikan tidak ada baju yang digantung

coretanrisma.blogspot.com

 

Baju yang digantung, entah itu kotor maupun bersih, bisa menjadi sumber sarang nyamuk. Luangkanlah waktu sejenak untuk merapihkan baju-baju di gantungan. Pisahkan juga mana yang masih bersih mana yang kotor.

4. Bersihkan setiap sudut kamar

ngamento.com

 

Langkah untuk bersih-bersih yakni bersihkan debu yang menempel di tempat yang lebih tinggi dari lantai, seperti jendela, rak buku, sela-sela buku, atas lemari dan lainnya. Setelah debu sudah berjatuhkan di lantai, barulah lantai disapu hingga bersih. Kemudian, pel lantai dengan alat pel. Kalau nggak ada alat pel bisa pakai kain, yang penting menyerap air. Selesai dipel, biarkan pintu kamar terbuka lebar agar lantai cepat kering dan tidak menimbulkan bau amis.

5. Pasang pengharum ruangan

tokopedia.com

 

Pasang pengharum ruangan yang nggak perlu pakai listrik. Itu loh, pengharum ruangan yang modelnya digantung. Nggak perlu mahal, yang penting ada bau harumnya untuk meminimalisir bau tak sedap.

6. Jangan tinggalkan barang berharga

bali.tribunnews.com

 

Pastikan barang-barang berharga seperti uang, leptop, hati, eh, jangan ditinggal. Namanya maling kan kita nggak tahu datangnya kapan. Sebelum mudik, pastikan juga lemari, jendela, dan pintu sudah dikunci.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

5 Perguruan Tinggi Terbaik di Aceh, Lengkap dengan Daftar Fakultas

Berminat kuliah di Aceh? Jika iya, kamu perlu tahu informasi tentang 5 perguruan tinggi terbaik …

3 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Jember

Kamu ingin kuliah di Jember tapi bingung mau pilih perguruan tinggi apa? Tenang, Jember memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *