Home / NgeTrip / Destinasi / Kuliner Khas Purbalingga yang Lezat dan Harga Pas di Kantong
twitter.com

Kuliner Khas Purbalingga yang Lezat dan Harga Pas di Kantong

Purbalingga Kota Perwira terkenal dengan destinasi wisata alam yang beragam. Bagi kalian yang lapar setelah mengunjungi wisata alam di Purbalingga atau sedang berada di Purbalingga, nggak ada salahnya cobain kuliner ini bawah ini. dijamin mantap lezatnya dan nggak bikin kantong tekor geng.

Yuk simak. Siap-siap ngiler yak.

1. Es Durian Pak Kasdi Bancar

visitcentraljava.com

 

Es Durian Pak Kasdi terletak di sebelah timur alun-alun Purbalingga, sekitar 1 km. Bagi kalian pecinta durian wajib banget mampir geng, cobain seger dan legitnya es durian Pak Kasdi yang sudah berdiri sejak 1969. Wiuh, melegenda kan? So, rasanya nggak diragukan lagi deh.

Durian yang digunakan bukan sembarang durian, pemilik warung sangat selektif memilih durian yang pilihan dengan daging tebal dan rasanya legit. Soal menepuk-nepuk kulit durian untuk mengetahui kualitasya, emh, pemilik warung ini udah ahli banget. Nggak bakalan salah pilih durian deh pokoknya.

Kalau duriannya pilihan, berarti satu mangkuk es duriannya mahal dong? No! Harganya sangat terjangkau kok geng, Cuma Rp. 16. 000. Dengan uang segitu kalian bisa menikmati semangkuk penuh daging durian yang tebal dan legit disiram dengan gula merah cair, santan segar, ditambah dengan serutan es batu yang menggunung, pplus lelehan susu kental manis dan satu sendok coklat panas.

Emh, kebayang kan segernya?

2. Soto Bu Hj Misdar

www.kabarkuliner.com

 

Soto Bu Hj. Misdar terletak di Jl. Letnan Ahmadi, tepatnya di depan Kantor Pengadilan Negeri, dekat perempatan Bancar, Kota Purbalingga. Klaian nggak perlu bingung nyari warung yang satu ini, karena terpampang spanduk besar di depannya. Di spanduk tersebut terdapat tulisan “Asli, Puas, Nikmat, Mantap”, wah makin yakin kan buat mengisi perut kalian di tempat ini?

Warung yang terlihat sederhana namun bersih ini ternyata memiliki menu soto yang lezat dan siap menggoncang lidah kalian geng. Sebagai ciri khas soto di Sokaraja, Purwokerto dan Purbalingga, soto Bu Hj. Misdar juga menggunakan bumbu kacang yang ditumbuk kasar dan kecap sebagai pelengkap kuahnya.

Satu porsi soto dihargai Rp. 13.000. Terdapat berbagai pilihan menu, yaitu soto daging ayam, soto daging sapi, soto daging ayam campur sapi, atau jeroan. Kalian pilih aja sesuai dengan selera. Selain itu, ada juga bakwan, tahu isi, dan mendoan yang bisa kalian jadikan kawan makan. Minuman di tempat ini cukup beragam, mulai dari es jeruk, es campur, aneka jus buah, teh hangat, kopi, susu, hingga segarnya es durian.

Soto Hj. Misdar sangat terkenal geng, nggak Cuma di Purbalingga. Karena terkenal, banyak warung-warung tiruan. Perlu diingat, warung ini nggak buka cabang dimanapun. Jadi kalian jangan tertipu yak geng.

3. Sate Blater

www.youtube.com

 

Sesuai dengan namanya, warung sate ini terletak di Desa Blater, Kecamatan Kalimanah. Nah, kalian harus coba juga makanan khas Purbalingga yang satu ini geng. Ah, palingan sama aja kayak sate ayam pada umumnya. Eits, jangan salah geng. Sate ini beda sama sate madura atau sate ayam lainnya.

Bedanya pada cara memasaknya. Umunya sate dibakar saat daging masih mentah, tapi kalau satu Blater sebelum dibakar harus direndam dalam racikan bumbu rahasia khas orang-orang Desa Blater. Nggak Cuma sebelum dibakar aja, pas dibakar juga berkali-kali dilumuri bumbu tersebut sehingga gurihnya meresap hingga ke dalam.

Bagi kalian yang ingin membelinya untuk dimakan di rumah, tenang aja, sate yang satu ini tahan lama kok hingga tiga hari. Mantep kan? Kok bisa ya. Hal ini dikarenakan proses memasak yang berbeda dari sate lainnya. So, tunggu apa lagi? Yuk makan sate Blatar. Makan di tempat, Oke. Dibawa pulang juga Ok.

4. Gule Melung Bu Hadi

www.viva.co.id

 

Selanjutnya ada gulai Melung Bu Hadi yang terletak di Dukuh Melung, Desa Larangan, Kecamatan Pengadegan, Purbalingga. Gulai ini merupakan gulai daging kambing. Selain dagingnya, ada juga balungan, jeroan, sumsum, babat, dengkil (kaki kambing), dan kepala kambing. Ketupat, daging, dan kuah disajikan secara terpisah di mangkuk. Dengan penyajian yang demikian, kalian bisa pilih nih geng, mau makan gulai kering, setengah basah/nyemek, atau bisa juga full kuah. Begitu mencium kuahnya, aroma bumbu khas, daun salam, bawang, sereh, dan kecombrang akan menusuk hidung kalian geng.

Bagian kambing yang paling favorit di tempat ini yaitu dengkil dan balungan. Yap, ada keasyikan tersendiri ketika menyantapnya. Gulai Melung Bu Hadi dimasak di atas tungku berbahan bakar kayu, sehingga rasanya khas. Selain itu, bumbu juga ditumbuk menggunakan lumbung sehingga rasa khas dari masing-masing bumbu tetap terjaga. Satu porsi gulai dihargai Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Daftar Jurusan dan Program Studi Perguruan Tinggi Swasta di Makasassar

Kamu sedang mencari daftar perguruan tinggi swasta terbaik di Makassar? Tapat sekali jika kamu membaca …

5 Perguruan Tinggi Negeri di Makasar. Mana Pilihannya?

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan destinasi favorit pelajar untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi berada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *