Kamu tertarik untuk mempelajari manusia secara psikologis? Jika iya, jurusan Psikologi sangat tepat untuk kamu ambil. Jika lulus dari jurusan ini, maka kamu akan menjadi seorang psikolog. Tugasnya tidak hanya sebatas membuat tes psikologi, melalukan terapi dan konseling. Tapi bisa juga melakukan pendampingan terhadap korban, baik korban bencana alam, kekerasan dalam rumah tangga, dan berbagai kejadian pilu lainnya. Selian itu, seorang psikolog juga tutut berperan aktif dalam mencegah gangguan jiwa pada seseorang.

Nah, untuk bisa menjadi seorang psikoloh yang handal, selain menyiapkan kemampuan diri, kamu juga harus cermat memilih universitas. Bagi kamu yang ingin kuliah jurusa psikologi di luar negeri, berikut ini adalah daftar 10 kampus terbaik di dunia untuk beajar psikologi.

1. Harvard University

worldbook.com

 

Kualitas Harvard University memang tidak diragukan lagi. Hampir semua jurusan di universitas ini merupakan yang terbaik, salah satunya yakni jurusan psikologi. Jurusan ini lahir di Harvard University pada tahun 1800-an dan hingga saat ini telah mencetak peneliti, pengajar, dan tokoh-tokoh hebat di bidang psikologi seperti Skinner BF, Henry Munray Gordon Allport, George Miller, lainnya dan juga.

2. University of Cambridge

masterstudio.it

 

Jurusan psikologi di University of Cambridge sudah ada sejak tahun 1897 dan digadang-gadan sebagai yang terbaik di Eropa. Jika kamu mengambil jurusan psikologi di Universiry of Cambridge, kamu mendapatkan peluang yang cukup besar untuk bekerja sebagai sukarelawan di berbagai organisasi psikologi bertaraf internasional.

3. Stanford University

diarystore.com

 

Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, Standford University juga memiliki jurusan psikologi yang unggul. Hebatnya, jurusan psikologi di universitas ini memiliki 5 spesifikasi jurusan PhD dan peluang belajar untuk level pendidikan hingga di atas S-3.

4. University of Oxford

epizone.id

 

Kampus tertua berbahasa Inggris yang terletak di Oxford, Inggris, ini memiliki jurusan psikologi yang sangat berkualitas dan merupakan pesaing University of Cambridge.

5. Yale University

legalreader.com

 

Secara umum, Yale University dikenal dengan jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan, Ekonomi, dan Ilmu Sejarah. Namun, jurusan psikologi di Universitas ini juga salah satu yang terbaik. Yale University juga kerap menerima penghargaan Nobel.

6. University of California

live.unigo.com

 

Universitas riset negeri yang berada di Barkeley California ini dikenal memiliki seleksi penerimaan mahasiswa baru yang sangat ketat, tidak terkecuali jurusan psikologi. Orang-orang yang lolos tentulah merupakan orang pilihan. Oleh karena itu, kualitasnya tidak diragukan lagi. Universitas ini juga berhasil memnangkan peghargaan Nobel, Wolf, MacArthur Fellowships, Turing, dan penghargaan lainnya.

7. University of Michigan

commonapp.org

 

Kampus negeri tertua untuk skala nasioal ini merupakan kampus riset yang terkenal. Hal ini karena aktivitas riset di universitas ini sangat tinggi, tidak terkecuali riset dalam bidang psikologi.

8. Princeton University

mhpbooks.com

 

Kampus swasta tertua keempat di Amerika Serikat ini memiliki hubungan dengan Brookhaven National Laboratories. Universitas ini dikenal dengan seleski penerimaan mahasiswa baru paling ketat di wilayah Amerika Serikat bagian Timur. Para lulusan dari Universitas ini berhasil meraih penghargaan Nobel, National Medal of Science, Abel Prize, Turing, Fields, hingga National Medal Humaniora.

Kualitas jurusan psikologi di Princeton University termasuk salah satu yang bergengsi di Amerika Serikat bahkan hingga tingkat dunia.

Nah, itulah 8 Universitas terbaik dunia untuk belajar psikologi. Jika kamu memang benar-benar ingin kuliah jurusan psikologi di luar negeri, kamu harus mempersiapkan diri dari sekarang. Karena seperti yang telah disebutkan di atas, persaingan untuk masuk ke universtas tersebut sangatlah ketat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here