Purwokerto merupakan kota yang berada di wilayah Kabupatean Banyumas. Banyaknya kampus dan sekolah-sekolah unggulan di Purwokerto menjadikannya kota Pelajar versi Banyumas. Meski belum sehebat Yogyakarta, Purwokerto tetap menjadi salah satu destinasi menuntut ilmu di perguruan tinggi yang dibidik oleh para calon mahasiswa.

Pasalnya, selain banyak terdapat kampus, kota ini juga mudah dijangkau menggunakan berbagai alat transportasi, seperti: kereta, bus, hingga travel. Biaya hidup di Purwokerto juga relatif terjangkau dibandingkan dengan kota besar lainya yang ada di Indonesia. Harga makanan di Purwokerto mulai dari Rp. 4.000-an, loh. Murah kan?

Tidak hanya itu, banyaknya destinasi wisata, pusat perbelanjaan, serta masyarakatnya yang ramah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon mahasiswa. Tidak mengherankan jika mahasiswa di kota ini tidak hanya berasal dari wilayah Banyumas, namun juga dari luar kota dan luar daerah.

Di Purwokerto sendiri terdapat kampus negeri maupun swasta, baik universitas, sekolah tinggi, maupun akademi. Dari sekian banyak kampus yanga ada di Purwokerto, berikut ini adalah 3 kampus terbaik yang bisa kamu jadikan referensi sebelum memutuskan untuk mendaftar kuliah. Yuk simak.

1. Universitas Jendral Soedirman (Unsoed)

iro.unsoed.ac.id

Universitas Jendral Soedirman atau yang lebih akrab disebut Unsoed merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di jalan H.R. Boenyamin No. 708. Universitas yang berdiri pada 23 September 1963 ini cukup terkenal, khusunya di wiayah Jawa Tengah. Terbukti dari mahasiswanya yang tidak hanya berasal dari Banyumas namun juga dari luar Jawa Tengah.

Nama Universitas Jendral Soedirman diambil dari nama pahlawan asal Banyumas bernama Jendral Besar Soedirman. Untuk mengenang jasa beliau, namanya kemudian dijadikan nama universitas. Tidak hanya itu, di gedung utama Unsoed juga terdapat monument patung Jendral Soedirman yang gagah. Patung tersebut merupakan ciri khas dari Unsoed.

Univesitas ini memiliki 12 fakultas, yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Peternakan, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dan Fakultas Teknik.

2. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

ump.ac.id

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berlokasi di di desa Dukuhwaluh, Kembaran, Purwokerto Timur. Sebelum beralih status menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, universitas ini beranama IKIP Muhammadiyah Purwokerto.

UMP merupakan perguruan tinggi swasta terbaik di Purwokerto dan mengalami perkembangan setiap tahunnya. Mulai dari sarana prasarana, kualitas tenaga pengajar, hingga penambahan prodi.

Sebagai perguruan tinggi swasta, biaya kuliah di UMP memang terbilang mahal. Namun sebanding dengan kualitasnya. Universitas ini menyelenggarakan program pendidikan D3, S1, dan pascasarjana. Fakultas yang ada di UMP yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Psikologi.

3. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (IAIN)

lpmsaka.id

 

Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (IAIN) terletak di di Jalan Ahmad Yani No. 40 A Purwokerto. Lokasi kampus ini sangat strategis, sehingga mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Selain itu, IAIN Purwokerto juga menjadi kampus yang kondusif untuk menuntut ilmu karena jauh dari hingar bingar.

Sebelum beralih status menjadi IAIN, awalnya kampus ini bernama STAIN Purwokerto. Cikal bakal pendiriannya yakni berawal dari berdirinya IAIN Sunan Kalijaga yang merupakan cabang dari IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Seiring dengan perkembangannya, kampus ini berdiri secara mandiri menjadi STAIN Purwokerto dan secara otomatis lepas dari IAIN Sunan Kalijaga.

Setelah beralih status menjadi IAIN Purwokerto, kampus ini memili 5 fakultas, yakni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuludin, Adab, dan Humaniora, serta Fakultas Dakwah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here