Pemalang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang bisa kamu jadikan referensi sebagai kota untuk menempuh pendidikan tinggi. Pasalnya, Kabupaten Pemalang memiliki topografi bervariasi. Pemalang bagian utara dataran rendah berupa daerah pantai. Tingginya sekitar 1 hingga 5 mdpl. Pemalang bagian tengah merupakan dataran rendah dengan ketinggian 6–15 mdpl. Sedangkan Pemalang bagian selatan merupakan dataran tinggi berupa pengunungan yang sejuk dan subur. Tingginya sekitar 16–925 m di atas permukaan laut.

Dengan keadaan topogravi yang bervariasi, kamu tidak akan bosan jika berkuliah di Pemalang. Bagi kamu yang berniat menempuh pendidikan tinggi di Pemalang, berikut ini dua perguruan tinggi yang bisa kamu pilih.

1. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

stitpemalang.ac.id

 

Pada awal berdiri, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI Pemalang). Pada saat itu, sebagian besar tenaga pengajar di Taman Kanak-kanak(TK) dan guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah(SD/MI) yang ada di Kabupaten Pemalang, Tegal serta Pekalongan merupakan lulusan SMU/SMK/MA-sederajat. Oleh karea itu, dalam rangka memenuhi standarisasi pendidikan keguruan bagi guru Taman Kanak-kanak(TK) dan guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah(SD/MI) yang ada di Kabupaten Pemalang, Tegal serta Pekalongan, yang sebagian besar tenaga pengajarnya adalah lulusan SMU,SMK, dan MA.

Pada tahun 1998, sekelompok orang dari pendiri Yayasan Lembaga Pendidikan Pengembangan Sumber Daya Keluarga Indonesia (LP2SDKI) Pemalang menyepakati sebuah keputusan untuk mendirikan perguruan tinggi di Pemalang dengan nama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pemalang.

Pada tanggal 22 Oktober 1998, STAI Pemalang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) untuk menyelenggarakan jenjang pendidikan D2 Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Islam(PGTKI) ”INSAN CITA”

Pada 2001, STAI Pemalang resmi beroperasi di Kabupaten Pemalang. Selang empat tahun, yakni pada 2005, STAI Pemalang berganti status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah(STIT) Pemalang.

Program studi yang tersedia yakni meliputi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Raudhotul Athfal (PGRA), dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Kegiatan belajar mengajar di STIT Pemalang didukung fasilitas beripa laboratorium computer, Hostpot Area dan lab school.

STIT Pemalang juga menyediakan program beasiswa, antara lain beasiswa mahasiswa berprestasi atau Aktivis BEM, beasiswa penuh untuk hafidz/hafidzoh 30 juz, beasiswa mahasiswa tidak mampu, dan beasiswa kerja.

Jika kamu tertarik untuk kuliah di STIT Pemalang, kamu bisa update informasi selengkapnay di https://stitpemalang.ac.id.

2. STIE Assholeh Pemalang

stie-assholeh-pemalang.ac.id

 

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Assholeh Pemalang berdiri pada 12 Desember 1999 dan merupakan pengembangan dari ADIAS SINDO CERDAS (YASC) Pemalang.

STIE Assholeh Pemalang memiliki dua program studi yang terdiri dari manajemen (S1) dan Manajemen Perusahaan (D3). Masing-masing program studi memiliki keunggulan.

Jika kamu mengambil program studi manajemen, kamu akan mendapatkan sertifikat pendamping yang terdiri dari: Sertifikat Akuntansi, Sertifikat Bahasa Inggris, Sertifikat Komputer, Sertifikat Strategi Pemasaran, dan Sertifikat Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3).

Sedangkan jika kamu mengambil program studi manajemen perusahaan, serifikat pendamping yang akan didapatkan terdiri dari: Sertifikat Akuntansi, Sertifikat Bahasa Inggris, Sertifikat Strategi Pemasaran, Sertifikat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Sertifikasi Komputer. Mahasiswa STIE Assholeh juga berkesempatan untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan, Instasnsi Pemerintah maupun Swasta.

Selain keunggulan-keunggulan tersebut, STIE Assholeh Pemalang juga menyediakan program beasiswa, antara lain: Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dari Kopertis, Beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) dari Kopertis, Beasiswa dari, Kanwil Diknas Jawa Tengah, Beasiswa dari Yayasan Adias Sindo Cerdas, Beasiswa Kopertis, Kanwil Diknas Jateng dan Yayasan.

Informasi selengkapnya tentang STIE Assholeh bisa kamu akses di stie-assholeh-pemalang.ac.id atau datang langsung ke Jalan Sindoro No 39, Pemalang, Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here