Home / NgeTrip / Kamu Harus Tahu 7 Tips Mudik Ala Mahasiswa
utopicomputers.com

Kamu Harus Tahu 7 Tips Mudik Ala Mahasiswa

Sebagai budaya tahunan masyarakat Indonesia, mudik menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Tidak terkecuali mahasiswa rantau. Setelah disibukkan dengan urusan kuliah, organisasi bahkan kerja, kamu tentu ingin berkumpul bersama keluarga, melepas rindu dan saling bermaafan. Agar momen mudikmu lancar, tips mudik ala mahasiswa berikut ini bisa kamu terapkan. Yuk simak.

1. Pilih transportasi mudik sesuai budget dan kota tujuan

lifestyle.kontan.co.id

 

Pilihlah transportasi mudik sesuai dengan budget. Agar tidak kehabisan tiket dengan harga miring, pastikan kamu sudah memesan tiket jauh-jauh hari. Selain menyesuaikan budget, kamu juga harus mempertimbangkan kota tujuan. Jika memilih kereta, pertimbangkan apakah ada stasiun yang dekat dengan lokasi tempat tinggalmu.

2. Selesaikan segala urusan

favim.com

 

Sebelum mudik, pastikan kamu sudah menyelesaikan segala urusan yang berkaitan dengan kuliah, seperti tugas maupun organisasi. Meskipun mungkin dosen memberikan deadline tugas usai lebaran, tidak ada saalahnya kamu menyelesaikannya lebiha awal agar tidak dikerjar deadline menjelang libur usia. Apabila kamu juga bekerja part time, pastikan urusan perijinan dengan bos sudah beres. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar momen lebaranmu tidak dibayangi oleh berbagai urusan yang belum selesai.

Selain menyelesaikan urusan tersebut, ada baiknya kamu membawa buku atau alat penunjang kuliah lainnya. Pasalnya, terdapat beberapa kampus yang justru menyelenggarakan UAS sehabis lebaran. Jika kamu tidak mau repot, kamu tidak perlu membawanya. Namun konsekuensinya yakni kamu harus berangkat ke perantauan lebih awal untuk persiapan ujian.

3. Bersihkan kamar kos maupun kontrakan

setangkai.com

 

Umumnya mahasiswa tinggal di kos maupun kontarakan. Sebelum mudik, pastikan kamu sudah membersihkannya agar ketika kembali kondisi kamarmu tidak terlalu buruk. Jangan lupa juga untuk mencabut semua kabel eletronik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti arus pendek listrik yang bisa menyebabkan kebakaran. Selanjutnya, yang tidak kalah penting yakni berpamitan dengan ibu kos maupun kontrakan agar mereka tahu kamu mudik. Dengan demikian mereka bisa megecek kos atau kontarakan sewaktu-waktu.

4. Bawa oleh-oleh yang tahan lama

anekawisata.com

 

Apabila kamu ingin membawakan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, pilihlah oleh-oleh yang tahan lama sehingga tidak mudah basi. Bawa secukupnya agar tidak merepotkanmu selama diperjalanan.

5. Bawa pakaian secukupnya, gunakan tas yang pas

gotosovie.com

 

Mahasiswa biasanya menyukai hal yang simpel, oleh karena itu tidak perlu membawa koper terlalu besar bahkan lebih dari satu. Cukup gunakan tas ransel. Untuk pakaian, kamu juga tidak perlu membawa terlalu banyak. Ingat, kamu akan mudik ke rumah orang tua, di sana tentu kamu memiliki beberapa pakaian bukan? Kecuali jika kamu mudik ke rumah saudara, kamu perlu membawa pakaian lebih banyak. Sesuaikan juga jumlah pakaian yang kamu bawa dengan durasi perjalanan dan libur lebaran di kampung halaman.

6. Bawa obat-obatan

loop.co.id

 

Membawa obat-obatan bagi kamu yang tergolong ‘pendekar perjalanan’ mungkin tidak terlalu penting,. Namun tidak ada salahnya tetap membawa beberapa untuk berjaga-jaga, karena tidak enak badan bisa menyerang kapan saja. Jenis obat-obatan yang perlu kamu bawa yakni obat pusing, mual, maagh atau bisa juga minyak kayu putih dan minyak aromaterapi. Jangan sampai perjalananmu terganggu karena badan kurang sehat, terlebih jika berlanjut sampai di kampung halaman. Kamu tentu tidak ingin menikmati lebaran dalam keadaan tidak sehat bukan?

7. Bawa makanan

food.detik.com

 

Agar lebih hemat, kamu bisa membawa makanan maupun camilan untuk dinikmati di perjalanan. Apabila perjalanan mudikmu memerlukan waktu hingga berhari-hari, bawa makanan yang tidak mudah basi.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *