Home / Ngampus / Jurusan Pariwisata dan Prospek Kerjanya
halokampus.com

Jurusan Pariwisata dan Prospek Kerjanya

Selama ini, jurusan Pariwisata seringkali dipandang sebelah mata. Sekolah Tinggi pariwisata di Indonesia juga masih sedikit jumlahnya. Jurusan Pariwisata baru diakui secara resmi sebagai ilmu mandiri pada tahun 2008 silam. Prospek lulusan Jurusan Pariwisata di mata masyarakat juga masih tergolong rendah. Padahal, bila dilihat dari potensi pariwisata yang ada di Indonesia, jurusan ini justru memiliki prospek kerja yang bagus. Mengingat saat ini banyak bermunculan perusahaan yang bergerak dalam bidang pariwisata.

Nah, sekarang mari kita kupas tentang Jurusan Pariwisata. Ada apa aja sih di jurusan Pariwisata dan bagaimana prospek kerjanya? Yuk simak.

Jurusan pariwisata terbagi menjadi empat yaitu:

1. Jurusan Hospitality atau Pengelolaan Pariwisata.

bisniswisata.co.id

 

Di Jurusan ini, kalian akan mempelajari tentang pendidikan pariwisata berbasis keilmuan hingga pengambilan keputusan suatu kebijakan mengenai pariwisata. Fokus keilmuannya yaitu manajemen pariwisata dan keakomodasian. Jika kalian berhasil lulus dari Jurusan Hospitaly atau Pengelolaan Pariwisata akan bergelar Sarjana Pariwisata (S.Par).

Prospek kerja dari lulusannya antara lain yaitu bekerja di bidang industri pariwisata, penelitian, pemerintahan, dosen atau guru profesional dalam bidang pariwisata, dan konsultan pariwisata.

2. Jurusan Usaha Perjalanan Wisata

majapahit-tourism.blogspot.com

 

Jurusan Usaha Perjalanan Wisata ini berbasis pada pendidikan vokasi dengan jenjang Ahli Madya. Fokus keilmuannya yaitu pada pendidikan keterampilan dibidang pengelolaan usaha perjalanan wisata atau tour. Jika kalian berhasil menyeselaikan pendidikan di Jurusan ini maka akan mendapat gelar Ahli Madya (A.Md. Par).

Prospek kerja dari Jurusan Usaha Perjalanan Wisata antara lain bisa bekerja dibidang jasa perjalanan wisata, ticketing, chargo atau kuring, guiding, dan lainnya.

3. Jurusan Manajemen Bisnis dan Perjalanan Bisnis

www.deraponline.com

 

Jurusan Manajemen Bisnis dan Perjalanan Bisnis berbasis pada pendidikan vokasi yang setara dengan sarjana Strata Satu (S1) dan Diploma 4 (D4). Fokus keilmuannya yaitu keterampilan untuk Manajemen atau Pengelolaan Bidang Usaha Wisata, baik Travel Biro atau pun produk jasa pariwisata perjalanan seperti chargo, guiding, ticketing, dan produk lainnya. Jika kalian berhasil lulus dari jurusan ini, maka gelar yang akan disandang yaitu Sarjana Sains Terapan Pariwisata (S.ST.Par).

Prospek kerja untuk Jurusan Managemen Bisnis dan Perjalanan Bisnis antara lain dapat bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang travel dan tour seperti guide, Tour Planner, Ticketing, Ekspedisi Peti Kemas, Transportasi, Dosen praktisi dibidang pariwisata, serta bidang pariwisata pemerintahan.

4. Jurusan Perhotelan dan Administrasi Hotel

www.youthmanual.com

Jurusan Perhotelan memiliki jenjang pendidikan setara Diploma 3 (D3), oleh karena itu lulusan dari jurusan ini akan menyandang gelar Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par). Sedangkan untuk jurusan Administrasi Hotel memiliki jenjang pendidikannya setara dengan Diploma 4 (D4) atau Stata 1 (S1). Jika kalian berhasil menyelesaikan pendidikan di jurusan ini maka akan mendapat gelar Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.ST.Par).

Setelah berhasil lulus dan mendapatkan gelar, kalian bisa bekerja di bidang industri perhotelan. Tapi, jika kalian memang kreatif dan pintar membaca peluang, maka bisa juga mendirikan usaha bakery, cafe, restoran, dan lainnya. Selain itu, tentunya kalian juga dapat bekerja sebagai Dosen di bidang pariwisata dan pariwisata pemerintahan.

Nah, itulah selengkapnya tentang Jurusan Pariwisata. Kalian bisa menimbang konsentrasi mana di Jurusan Pariwisata yang cocok. Prospek kerja lulusannya pun sudah terpampang jelas di atas. Jadi, kalian nggak perlu khawatir lagi dipandang sebelah mata jika berkuliah di jurusan Pariwisata yak. Kan Jurusan ini sudah diakui sebagai keilmuan mandiri.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Tipe Mahasiswi Dilihat Dari Pilihan Detergen (Edisi 2)

Setelah beberapa waktu lalu sempat disinggung tipe-tipe mahasiswi dilihat dari pilihan detergen, pada kesempatan kali …

Kisah Odol dan Pepsodent; yang Pertama Belum Tentu Jadi yang Terakhir

Selama berpuasa, mulut cenderung mudah bau. Hal tersebut tentu membuat kita tidak percaya diri, walaupun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *