Home / Ngampus / Ingin Kuliah di Yogyakarta? Cek Daftar Perguruan Tinggi Negeri Berikut
ngangsukawruh.com

Ingin Kuliah di Yogyakarta? Cek Daftar Perguruan Tinggi Negeri Berikut

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi favorit pelajar untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Setidaknya terdapat kurang lebih 137 perguruan tinggi yang terdiri dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Perguruan tinggi negeri memang masih menjadi primadona, banyak para calon mahasiswa yang membidik nama-nama PTN bergengsi di Yogyakarta. Apakah kamu salah satu dari mereka? Jika iya, informasi berikut tentang 11 PTN di Yogyakarta wajib kamu baca untuk dijadikan referensi. Yuk simak.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

ngangsukawruh.com

 

Siapa yang tidak tahu Universitas Gadjah Mada (UGM)? Universitas yang berdiri pada 19 Desember 1949 ini merupakan perguruan tinggi negeri yang paling tersohor di Yogyakarta. Mahasiswanya berasal dari seluruh daerah di Indonesia, bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri. UGM memili ratusan program studi yang kesemuanya berkualitas.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

news.okezone.com

 

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang dulunya bernama IKIP Yogyakarta karena memang program studi pada saat itu fokus pada keguruan dan ilmu pendidikan. IKIP Yogyakarta berganti menjadi UNY pada 14 Agustus 1999. Saat ini, terdapat 7 fakultas di UNY, yakni Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan ada juga Program Pascasarjana.

3. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN Veteran)

video.quipper.com

 

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan nama UPN Veteran berdiri pada 2 Oktober 1958 dengan nama Akademi Pembangunan Nasional (APN) Veteran dan bertsatus perguruan tinggi kedinasan. Pada 1 April 1995 berganti nama menjadi UPN Veteran dan berstatus perguruan tinggi swasta. Kemudian pada 6 Oktober 2014, beralih status menjadi perguruan tinggi negeri.

Saat ini UPN veteran memiliki 5 fakultas, yakni Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan Program Pascasarjana.

4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Sunan Kalijaga)

publik-news.com

 

UIN Sunan Kalijaga dulunya bernama IAIN Sunan Kalijaga. Pada 21 Juni 2004 bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Terdapat 8 fakultas di UIN Sunan Kalijaga, yakni Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Sains dan Teknologi, , Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Program Sarjana.

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

pasca.isi.ac.id

 

Bagi kamu pecinta seni, bisa mencoba mendaftar di ISI Yogyakarta. Kampus ini merupakan penggabungan antara Kampus Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI), Akademi Musik Indonesia (AMI) dan Akademik Seni Tari Indonesia (ASTI).

Fakultas yang bisa kamu pilih di ISI Yogyakarta yakni Fakultas Seni Rupa, , Fakultas Seni Media Rekam, Fakultas Seni Pertunjukan dan Program Pascasarjana.

6. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta (STPN Yogyarkta)

masukuniversitas.com

 

Pada mulanya, STPN Yogyakarta bernama Akademi Agraria dengan jurusan Agraria. Kemudian pada tahun 1987 berubah nama menjadi Akademi Pertahanan Nasional. Barulah pada tahun 1993 berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Program studi yang bisa kamu piluh di STPN Yogyakarta yakni Program Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (PPK) dan Program Diploma IV Pertanahan.

7. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Yogyakarta (STTN Yogyakarta)

sttn-batan.ac.id

 

Bagi kamu yang tertarik di bidang nuklir dan elektro, kamu bisa mencoba mendaftar di STTN Yogyakarta. Jurusan yang bisa kamu pilih yakni Teknokimia Nuklir dengan Porgram Studi Teknokimia dan Jurusan Teknofisika Nuklir dengan Program Studi Elektronika Instrumentasi dan Elektromekanik.

8. Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta (MMTC)

unisifm.com

 

STMM “MMTC” Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta yang berada dibawah naungan. Pada mulanya, sekolah tinggi ini bernama Diklat Ahli Multi Media dan berada di Departemen Penerangan. Berubah nama menjadi STTM “MMSTS” Yogyakarta sejak 21 April 2014.

STTM “MMTC” Yogyakarta menyelenggarakan pendidikan jenjang Diploma IV dan Strata I dengan 3 Jurusan, yakni Jurusan Penyiaran dengan Program Studi Manajemen Produksi Siaran (Manaprodsi), Manajemen Teknik Studio Produksi (Matekstosi), Manajemen Produksi Pemberitaan (Manarita). Jurusan Animasi dan Desain Teknologi Permainan dengan Program Studi Animasi dan Desain Teknologi Permainan, dan Jurusan Komunikasi Informasi Publik dengan Program Studi Manajemen Informasi dan Komunikasi.

9. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

icampusindonesia.com

 

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang berdiri pada tahun 2010 merupakan peleburan 6 Akademi Kesehatan Departemen Kesehatan RI, yakni Akademi Analis Kesehatan Yogyakarta (AKK), Akademi Gizi Yogyakarta (AKZI), Akademi Kesehatan Gigi Yogyakarta (AKG), dan Akademi Kesehatan Lingkungan Yogyakarta (AKL), Akademi Kebidanan Yogyakarta (AKBID), dan Pendidikan Ahli Madya Keperawatan Yogyakarta (PAM Keprawatan).

Terdapat 6 jurusan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang bisa kamu pilih, yakni Jurusan Analis Kesehatan, Jurusan Keperawatan, Jurusan Keperawatan Gigi, Jurusan Gizi, Jurusan Kebidanan, dan Jurusan Kesehatan Lingkungan

10. Politeknik ATK Yogyakarta

youthmanual.com

 

Politeknik ATK Yogyakarta berdiri pada 1 September 1958 dengan nama Pendidikan TinggI Teknologi Kulit. Kemudian pada 15 Januari 1959 berubah nama menjadi Politeknik ATK Yogyakarta.

Terdapat 3 program studi yang bisa kamu pilih di Politeknik ATK Yogyakarta, yakni Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit (TPK), Program Studi Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik (TPKP), dan Program Studi Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK).

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Tipe Mahasiswi Dilihat Dari Pilihan Detergen (Edisi 2)

Setelah beberapa waktu lalu sempat disinggung tipe-tipe mahasiswi dilihat dari pilihan detergen, pada kesempatan kali …

Kisah Odol dan Pepsodent; yang Pertama Belum Tentu Jadi yang Terakhir

Selama berpuasa, mulut cenderung mudah bau. Hal tersebut tentu membuat kita tidak percaya diri, walaupun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *