Home / Komunitas / Harapan BI Usai Gelar GenBI Leadership Camp 2017
mediatargetbuser.com

Harapan BI Usai Gelar GenBI Leadership Camp 2017

Dilansir dari replubika.co.id. Bank Indonesia (BI) mengajak mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI) untuk turut aktif mensosialisasikan kebijakan otoritas moneter yang dikeluarkan oleh BI.

Meskipun tahun ini stabilitas makroekonomi dan keuangan masih terjaga, namun di tahun depan Indonesia masih harus menghadapai tantangan, baik global maupun domestik. Tingkat global salah satunya yaitu gejala proteksionisme perdagangan negara-negara di dunia yang bisa mempengaruhi aktivitas perdagangan. Tingkat domestic yaitu antara lain belum optimalnya pertumbuhan ekonomi domestik dalam merespon perkembangan perekonomian global. Perkembangan teknologi digital juga perlu diantisipasi. Karena meskipun dapat meningkatkan efisiensi, namun teknologi digital ini bisa meningkatkan berbagai risiko, seperti kemudahan dalam pencucian uang hingga kejahatan siber. (CNN Indonesia, 28/11)

Menekankan kepada kejahatan cyber yang marak terjadi, besar harapan Agusaman, selaku Kepala Departemen Komunikasi BI agara mahasiswa GenBI mampu menjadi cyber army.

“Kami sangat berharap karena di zaman media sosial seperti sekarang ini GenBI akan menjadi cyber army kami. Kalau 3.000-an GenBI saat ini bisa menyuarakan informasi yang benar tentang BI dan kebijakan-kebijakannya kepada masyarakat luas, maka akan membantu pemahaman masyarakat lebih baik tentang kebijakan BI dan pada akhirnya juga mampu berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi Indonesia” ujarnya. (kompas.com)

BI sebagai pemegang otoritas dalam bidang moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran serta pengelolaan uang rupiah juga memanfaatkan media sosial sebagai sarana penyebarluasan infromasi kepada masyarakat luas.

Sementara itu, pekan lalu, selama 3 hari, tepatnya 8-10 Desember 2017, BI baru saja menggelar GenBI Leadership Camp 2017 di Bogor. Leadership Camp tahun ini merupakan yang ke tiga kalinya sejak 2015. Sebagai program tahunan BI, Leadership Camp juga bertujuan untuk memberikan suatu pemahaman dasar tentang karakter seorang pemimpin. Hal tersebut penting diketahui oleh penerima beasiswa Bank Indonesia sebagai energi untuk negeri.

GenBI Leadership Camp 2017 diikuti oleh 440 mahasiswa GenBI yang merupakan bagian dari 3.290 mahasiswa penerima beasiswa dari BI di tahun 2017 yang berasal dari 88 PTN. Sejak 2011 hingga 2017, Bank Indonesia telah menggelontorkan beasiswa kepada 18.565 mahasiswa yang tersebar di 89 PTN seluruh Nusantara. Tahun 2017, jumlah beasiswa yang diberikan sebesar Rp. 9.000.000 per mahasiswa.

Dalam acara tersebut, GenBI mendapatkan kursus dan motivasi kepemimpinan yang dibawakan langsung oleh Agusman. Tidak hanya itu, untuk memantik motivasi dan inspirasi para peserta Leadership Camp, BI juga menghadirkan sosok yang sangat luar biasa, yaitu Angkie Yudistira, selaku Fouder dan CEO ThisAble Enterprise dan psikolog muda Melissa Grace. Pada kesempatan kali itu, Angkie memberikan dialog motivasi kepada para peserta Leadership Camp. Melaui dialog tersebut, para peserta bisa menggali lebih dalam terkait hal-hal pengembangan diri. Hadirnya Angkie membuat para peserta termotivasi dan terinspirasi untuk menjadi generasi milenial yang siap menghadapi tantangan zaman.

Selain itu, diadakan juga sesi berbagi pengalaman terkait pengelolaan komunikasi kebijakan yang disampika langsung oleh Departemen Komunikasi BI dan sesi The Central Bank Talks dari Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, BI Fintech Office dan Departemen Pengelolaan Uang BI.

“Kami berharap bekal yang diberikan selama Leadership Camp digunakan sebaik-baiknya sebagai bentuk dedikasi untuk negeri,” ujar Agusman.

Dia juga menambahkan bahwa melalui kegiatan ini, BI sedang mempersiapkan generasi untuk berkembang dan dapat berkompetisi dalam persaingan ekonomi global dunia.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

5 Perguruan Tinggi Terbaik di Aceh, Lengkap dengan Daftar Fakultas

Berminat kuliah di Aceh? Jika iya, kamu perlu tahu informasi tentang 5 perguruan tinggi terbaik …

3 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Jember

Kamu ingin kuliah di Jember tapi bingung mau pilih perguruan tinggi apa? Tenang, Jember memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *