Geng, sudah tahu belum universitas yang memiliki biaya kuliah termahal di dunia? Kalau belum simak nih cuplikannya. Siapa tahu salah satu universitas berikut ini merupakan universitas impianmu.

Sebelum baca lebih lanjut, sekedar informasi, biaya tahunan yang dicantumkan merupakan biaya kuliah dan biaya tempat tinggal ya.

1. Columbia University

sps.columbia.edu

 

Di nomor urut pertama ada Columbia University yang merupakan universitas riset swasta Amerika di New York. FYI, Universitas ini adalah universitas tertua di New York dan tertua ke 5 di Amerika.

Jadi, nggak diragukan lagi soal kualitasnya yak geng. Nggak heran juga kalau universitas ini sering menyabet penghargaan nobel. FYI, Universita Kolombia merupakan universitas pertama yang memberikan gelar doktor pada bidang pengobatan (M.D). Keren.

Nggak cuma itu geng, setiap tahun universitas ini juga menggelar penghargaan Pultizer, salah satu penghargaan bergengsi di Amerika.

Nah, untuk bisa berkuliah di universitas bergengsi ini, biaya tahunannya mencapai 692 juta rupiah. Wow.

2. Sarah Lawrence College

money.cnn.com

 

Nomor urut ke 2 yaitu Sarah Lawrence Collage. Universitas ini terkenal dengan diskusi kelasnya yang sangat kuat. Nggak heran pada tahun 2011 Sarah Lawrence College masuk di jajaran 10 universitas dengan diskusi kelas terbaik. Biaya tahunan untuk berkuliah di universitas ini mencapai 689 juta rupiah.

3. University of Chicago

greenbergfarrow.com

 

Nomor urut ke 3 diduduki oleh University of Chicago. Sekitar 50% Mahasiswa University of Chicago diwajibkan tinggal di asrama kampus. Jenjang pendidikan di universitas ini meliputi sarjana dan pasca sarjana. Beberapa jurusan di pasca sarjana yang terkenal yakni Booth School of Business, Law School, Pritzker School of Medicine, dan lainnya.

Biaya tahunan untuk berkuliah di universitas yang kehidupan mahasiswanya terkenal glamor ini mencapai 655 juta.

4. Dartmouth College

pionline.com

 

Nomor urut ke empat yaitu Darmputh College yang terletak di Hanover. 90% mahasiswanya diwajibkan tinggal di asrama kampus. Universitas yang satu ini berada di tengah-tengah suasana pedesaan. Tapi, biarpun demikian, biaya kuliahnya tetap mahal, yakni mencapai 653 juta rupiah per tahun.

5. New York University (NYU)

www.unigo.com

 

Di nomor urut ke lima ada New York University yang merupakan sebuah universitas swasta berbasis penelitian. Kampus utamanya berada di Desa Greenwich, Lower Manhattan. FYI geng, NYU merupakan salah satu universitas swasta tersebsar di Amerika Serikat. Biaya tahunan untuk kuliah di universitas ini mencapai 626 juta rupiah.

6. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

lafargeholcim.com

 

Nomor urut ke enam diisi oleh Massachusetts Institut of Technology atau yang sering dikenal dengan sebutan MIT. MIT merupakan universitas riset swasta yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika. Sesuai namnya, universitas ini merupakan spesialis di bidang ilmiah, riset teknologi, dan engineering dengan total departemen akademik sebanyak 32. MIT telah menerima 78 penghargaan Nobel, 52 Medali Nasional, 45 penghargaan Rhodes dan 38 penghargaan MacArthur Fellows.

Biaya untuk berkuliah universitas yang telah banyak menerima penghargaan ini mencapai angka 611 juta rupiah per tahun.

7. Stanford University

toptieradmissions.com

 

Di nomor 7 ada Universitas Stanford, atau lengkapnya Leland Stanford Junior University yang terletak di barat laut Silicon Valley dan 20 mil barat laut San Jose serta 37 mil tenggara San Fransisco. FYI, universitas ini merupakan salah satu yang paling elit di Amerika dan dunia. Biaya tahunannya mencapai 599 juta rupiah.

8. Harvard University

thinkbluebox.com

 

Nomor urut 8 diduduki oleh Harvard University. Nama universitas ini nggak asing di telinga yak geng. Universitas bergengsi ini merupakan universitas tertua di Amerika dan menjadi salah satu universitas yang diidamkan oleh banyak calon mahasiswa.

Biaya tahunan untuk berkuliah di Harvard University berada pada kisaran angka 596 juta rupiah.

9. California Institute of Technology (Caltech)

gudlakid.com

 

Di nomor urut selanjutnya ada California Institute of Technology atau lebih dikenal dengan sebutan Caltech. Perguruan tinggi ini terletak di Pasadena, California. Sesuai dengan namanya, Caltech memiliki fokus pada bidang teknik. Biaya kuliah di Caltech yaitu 588 juta rupiah per tahun.

10. Imperial College London

hotcourses.co.id

 

Terakhir, di nomor urut 10 yaitu Imperial College London atau yang dikenal juga dengan nama The Imperial College of Science, Technology and Medic. Universitas ini memiliki fokus pada bidang ilmu pengetahuan, teknik, bisnis, dan kedokteran. FYI, Imperial College London merupakan salah satu dari 5 universitas terbaik di Inggris. Biaya tahunan berkuliah di universitas ini mencapai 570 juta rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here