Home / NgeTrip / Destinasi / Di Jakarta Penat? Kunjungi 9 Tempat Wisata Alam Berikut
pulauseribu-resort.com

Di Jakarta Penat? Kunjungi 9 Tempat Wisata Alam Berikut

Apa yang terbayang di benak kalian tentang Jakarta? Macet? Polusi? Ada sisi lain dari Jakarta yang bakalan membuat kalian bisa sejenak melupakan hiruk-pikuk kota metrpolitan ini, yaitu wisata alam. Jangan salah yak geng, Jakarta juga punya wisata alam yang asri loh. Meskipun tidak seasri wisata alam di daerah pegunungna. Yuk simak.

1. Pulau Tidung

bisniswisata.co.id

 

Pulau tidung merupakan bagian dari kepulauan seribu. Pulau ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu pulau tidung besar dan pulau tidung kecil. Di pulau tidung besar terdapat sebuah pantai dan di pulai tidur kecil terdapat hutan magrove. Di pulau ini kalian bisa menikmati keindahan laut sambil duduk di bawah pepohonan rindang atau berjemur di pantai. Selain itu kalian juga bisa menyaksikan sun rise dan sunset yang indah. Tidak hanya itu, kalian juga menikmati permainan yang disediakan berupa Banana Bout, Jetsky, Cano, Angsa Laut, Water Spot, dll.

2. Hutan Mangrove

raun2nomaden.wordpress.com

 

Hutan mangrove terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara. Harga tiketnya terbilang murah untuk standar Jakarta, yaitu sebesar Rp. 25.000,- per orang. Kalian bisa menikmati rindagnya hutan mangrove dengan berjalan kaki atau bisa juga menggunakan sepeda. Selain itu, kalian juga bisa menyewa perahu yang disediakan oleh pihak pengelola.

3. Taman Suropati

backpackerjakarta.com

 

Taman Suropati terletak diantara jalan Imam Bonjol dan jalan Diponegoro. Diantara pertemuan kedua jalan tersebut terdapat taman bunga dengan patung Diponegoro di tengahnya. Diseberang patung Diponegoro itulah tepatnya taman Suropati berada. Taman Suropati merupakan peninggalan dari arsitek Belanda bernama PAJ Mooejen dan FJ Kubatz pada tahun 1913. Taman ini dilengkapi dengn ornamen patung hasil karya seni dan juga kolam yang dilengkapi dengan air mancur serta ribuan pohon – pohon mahoni.

Pada awal tahun 2010, taman ini direnovasi yaitu berupa jalan dari bebatuan alam yang unik dan bersih. Daya tarik taman ini yaitu terletak pada keunikannya tersebut. Taman ini biasanya akan ramai pengunjung pada sore hari. Fyi, geng, dulunya taman ini beranama “Burgemeester Bisschopplein”.

4. Kandank Jurank Doank

jakarta.panduanwisata.id

 

Kandang Jurank Doank terletak di daerah Ciputat, merupakan taman yang dirintis oleh artis sekaligus seniman, Dik Doank, sejak tahun 1993. Tempat ini sebenarnya adalah sekolah berwawasan alam bagi anak – anak yang berada di sekitarnya. Dengan adanya Kandang Jurank Doank, pendirinya bercita-cita memberikan kesempatan kepada anak-anak miskin untuk bisa belajar di sekolah alam.

Dengan konsep sekolah alam, anak-anak akan lebih mudah mengenal diri dan potensi mereka. Selain itu, anak-anak akan memahami bahwa keindahan alam harus dijaga dan dilestarikan.

5. Tanah Tingal

jakartapaintball.com

 

Masih di daerah Ciputat, terdapat wisata alam lainnya yang wajib kalian kunjungi, yaitu Tanah Tingal yang memiliki luas 10 hektar. Tanah Tingal berkonsep edukatif dengan fokus pada kegaitan kreatif dan interaksi langsung dengan alam.

Daya tarik dari tempat ini yaitu suasana hutan, rumah dengan etnik jawa, kolam renang, lapangan yang luas, kebun bunga anggrek, danau, rawa, dan kebun sayur. Untuk bisa berkeliling menikmati Tanah Tingal, kalian bisa berjalan menyusuri jalan dari bebatuan dan kerikil, bersepda, atau jogging sambil ditemani rindang pepohonan dan kicauan burung.

6. Ragunan

tirto.id

 

Nama Ragunan sudah pasti tidak asing lagi yak, geng. Ragunan merupakan sebuah kebun binatang yang dikelilingi oleh pohon-pohon rindang. Kalian bisa melihat berbagai binatang langka dan dilindungi, sekaligus menikmati kesejukan. Cocok sekali untuk menikmati akhir pekan dengan keluarga maupun sahabat.

7. Kepulauan Seribu

jakarta.panduanwisata.id

 

Kenapa namanya kepulauan seribu? Apa pulaunya ada seribu? Nggak kok, geng. Dinamakan kepulauan seribu karena saking banyaknya pulau yang ada. Bebarapa pulai ada yang masih dihuni, dan ada juga yang dijadikan sebagai obyek wisata. Kepulauan seribu menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang sangat indah. Kalian bisa menimatinya dengan cara snorkeling maupun diving.

8. Pulau Bidadari

blog.pergi.com

 

Pulau bidadari merupakan pulau dengan sebuah resort wisata yang berada di kepulauan seribu. Pulau bidadari memiliki cottage darat dan terapung. Pulau yang satu ini memiliki lingkungan alam yang asri dan nyaman. Di tempat ini kalian bisa menikmati berbagai fasilitas seperti olahraga air, sepeda air, dan lainnya. Selain itu, di pulau ini juga terdapat benteng Martello yang merupakan peninggalan Belanda pada abad ke 17. Lokasi ini kemudian menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung. Kalian penasaran nggak, geng? Datang aja ke Pulau Bidadari. Eh siapa tahu ketemu sama bidadari.

9. Pulau Sepa

pulauseribu.info

 

Pulau Sepa merupakan pulau yang juga menawarkan keindahan lautnya. Lembutnya pasir putih dan keanekaragaman ekosistem lautnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Di pulau ini kalian bisa melakukan snorkling maupun diving. Selain itu, pulau ini juga merupakan tempat favorit untuk memancing. Ombak yang tenang dan pohon-pohon rindang bakalan menemani liburan kalian di pulau yang satu ini.

Gimana, geng? Jakarta nggak melulu tentang macet kan? So, nggak perlu bingung lagi yak kalau kalian berada di Jakarta dan ingin menikmati wisata alamnya. Kalian bisa coba kunjungi tempat-tepat di atas.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Harapan BI Usai Gelar GenBI Leadership Camp 2017

Dilansir dari replubika.co.id. Bank Indonesia (BI) mengajak mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi …

Seputar Jurusan Ilmu Perpustakaan

Kalian sering ke Perpustakaan? Emh, atau paling nggak ya pernah kan ke Perpustakaan? Buku-buku yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *