Home / Ngampus / Universitas Terbaik di Asia Tahun 2018.
poetsandquan.com

Universitas Terbaik di Asia Tahun 2018.

Geng, kalian ingin kuliah di luar negeri tapi nggak mau jauh-jauh alias masih di kawasan Asia? Kalau iya, informasi ini cocok banget. Terdapat 6 Universitas terbaik di Asia yang bisa jadi referensi kalian nih.

Penilaian rangking 6 besar berikut ini dilansir dari Time Higher Education pada Minggu, 2 Februari 2018. FYI nih geng, seperti halnya tingkatan universitas dunia, Universitas di Asia juga dinilai berdasarkan 13 indikator kinerja, hanya saja indikator tersebut sudah disesuaikan dengan standar Universitas di Asia.

Langsung aja yuk simak 6 Universita terbaik di Asia 2018.

1. National University of Singapore (NUS)

studyanvantage.co

 

National University of Singapore (NUS) merupakan universitas tertua di Singapura dan memiliki jumlah mahasiswa terbanyak. Univeritas ini menggabungkan keunggulan dan inovasi dalam penelitian. Tidak hanya masuk ke dalam 6 besar Universitas terbaik di Asia, NUS juga masuk dalam 30 besar Universitas terbaik tingkat.

NUS memiliki fokus pada kewirausahaan sejak 30 tahun lalu, dan yang paling menonjol yakni penelitian dan prospek internasional, serta rekayasa dan teknologi. Untuk mendukung fokus kewirausahaan, NUS memliki pusat inovasi dan technopreneurship.

FYI geng, dalam pembelajarannya NUS menggunakan metode pembelajaran ala Inggris, yakni melalui tutorial kelompok kecil dan sistem kredit semester dimana mahasiswa diperbolehkan mentransfer SKS di awal gelar, mengambil modul di fakultas yang berbeda dan diharuskan untuk memiliki pilihan kursus lintas disiplin yang banyak.

2. Universitas Tsinghua, China

school.cucas.edu.cn

 

Universitas Tsinghua dikenal sebagai universitas paling elit di China. Mengapa? Karena Universitas ini hanya menerima siswa yang mendapat nilai sangat tinggi dalam ujian nasional. Universitas Tsinghua telah berkomitmen pada sistem multidisiplin selama lebih dari 30 tahun, Terdapat 51 program sarjana dan lebih dari 200 program pasca sarjana yang bisa kamu pilih di Universitas ini. Bidang ilmu yang menjadi unggulan di Universitas Tsinghua yakni teknik dan teknologi, ilmu hayati, kedokteran, ilmu fisika, ilmu komputer dan bisnis. Bagi kamu yang memiliki nilai UN terbaik, bisa banget coba mendaftar di Universitas ini.

3. Universitas Peking, China

www.lib.pku.edu.cn

 

Di urutan nomer 3 masih di duduki oleh Universitas di China, yakni Universitas Peking. Universitas ini juga masuk ke dalam 30 besar tingkat dunia dan merupakan universitas nasional modern pertama di China yang berdiri pada akhir abad ke-19.

Universitas Peking dikenal sebagai pusat pemikiran progresif dan unggul dalam penelitian. Terbukti dengan adanya 216 pusat penelitian yang dua diantaranya merupakan institut teknik nasional. Meskipun secara umum Universitas Peking lebih menekankan pada sains dan humaniora, namun secara khusu Universitas ini menonjol secara internasional dalam bidang ilmu fisika dan teknik.

FYI geng, perpustakaan Universitas Peking merupakan perpustakaan terbesar di Asia dengan jumlah koleksi mencapai 11 juta. So, kalau kamu kuliah di Universitas ini, nggak bakalan bingung cari referensi.

4. Universitas Hong Kong, Hong Kong

www.hkiednews.edu.hk

 

Universtas Hong Kong didirikan pada tahun 1911 oleh Guberur Inggris, tidak heran jika bahasa pengantar di Universitas ini menggunakan bahasa Inggris. Pada tahun 1927, Universitas Hong Kong mulai mengintegrasikan budaya dan pendidikan Tionghoa ke dalam perkuliahan.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru ini universitas ini sangat selektif. Terdapat 12 pendaftaran untuk mahasiswa internasional, sedangkan untuk mahasiswa asal China terdapat 31 pendaftaran. FYI, bangunan utama dari universitas ini bergaya astitektur kolonial Inggris loh dan telah ditetapkan menjadi monumen nasional.

5. Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong, Hong Kong

rob13y.wordpress.com

 

Pada uruta ke-5 masih diisi oleh Universitas dari Hong Kong, yakni Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong. Sesuai dengan namanya, Universitas ini berfokus pada bidang sains, teknologi, teknik, manajemen dan studi bisnis. Meskipun demikian, Universitas ini juga menwarkan kurus ilmu sosial dan humaniora. Hal unik dari Universita ini yakni letak bangunannya yang berdiri di lereng perbukitan. Bagian paling atas merupakan fasilitas akademis berupaa asrama dan sarana olahraga.

6. Nanyang Technological University, Singapura

www.streetdirectory.com

 

Kembali lagi ke Singapura, yakni Nanyang Technological University yang berhasil menempati posisi ke-6 sebagai Universitas terbaik di Asia. NTU dikenal unggul dalam bidang teknik dan teknologi.

Gimana geng? Kalian tertarik yang mana nih? Semoga kalian diterima di Universitas impian yak. Sekian, semoga bermanfaat.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

3 Tips Move On dari (Kenangan) Mantan

Ketika menjalin sebuah hubungan dengan lawan jenis, orang dewasa sudah sepantasnya berpikir ke arah yang …

Pedoman Menghadapi Tragedi “Lain di Kaleng, Lain di Isi” Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi, sebentar lagi lebaran. Ya ya ya, alhamdulilah masih diberi kesempatan menikmati Ramadan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *