Home / Ngampus / Buat Apa Kuliah, Buang-Buang Waktu Saja
buat apa kuliah?

Buat Apa Kuliah, Buang-Buang Waktu Saja

Buat apa kuliah? kenapa seh harus kuliah? Penting juga nggak? Mungkin begitulah pertanyaan dari loe sebagai calon mahasiswa baru.

Pernah suatu ketika, dulu saat masih jaman-jamannya anak SMA, gue nganggap bahwa kuliah itu penting. Teman-teman seangkatan juga sama, satu anggapan, begitu juga dengan orang tua, menganggap kuliah itu penting. Pokoknya, mulai dari anaknya tetangga rumah sampai kepala dusun kampung gue, kalau ditanya kuliah itu penting gak seh? jawabannya mesti sama, yaitu, PENTING BANGET.

Tapi, ITU DULU, ketika gue belum ngerasain yang namanya kuliah. Nah, sekarang, gue punya paradigma baru. Sekarang gue tahu yang namanya kuliah itu seperti apa. Gue gak lagi ngebayang-bayang seperti apa kuliah itu, dan lalu bagaimana kemudian orang-orang yang kuliah bisa sukses dalam hidupnya, minimal dalam karirnya. Yaa, walaupun banyak juga para sarjana pengangguran.

Nah, sebelum nanti gue simpulkan kenapa kuliah itu gak penting dan hanya membuang waktu saja, sekarang mari kita samakan persepsi dulu tentang kuliah.

Baca juga: Gambaran Mahasiswa Kuliahan di Film itu Menyesatkan

Pengertian Kuliah

Jika dilihat dari pengertiannya, yang gue ambil dari keterangannya wikipedia yang juga dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa arti atau pengertian dari kuliah adalah sebuah kegiatan ceramah.

Jadi, kesimpulan pertama jika diambil dari pengertiannya adalah kuliah sama dengan ceramah. Lalu, kenapa kita harus kuliah? Toh kita semua bisa dengerin ceramah di masjid-masjid, atau kalau gak mau capek bisa nongkrongin tipi, biasanya kalau pas pagi-pagi ada ceramahnya ustadz-ustadzah entertainment.

Tapi, pengertian kuliah menurut gue bukan cuma sekadar ceramah. Kuliah menurut gue lebih kepada coba-coba. Kenapa demikian? Karena saat kuliah gue banyak melakukan percobaan. Mulai dari coba-coba dapetin cewe-cewe bohay, coba-coba isengin dosen killer, sampai yang agak serius dikit yaitu coba-coba melakukan penelitian ilmiah.

Nah, apakah loe sudah sedikit tercerahkan sekarang? atau masih bertanya-tanya, buat apa kuliah? Jika iya, mari sekarang masuk ke pembahasan yang lebih mendalam.

Buat Apa Kuliah?

Dari pengertian dan sedikit cerita dari gue mengenai kuliah, mungkin saat ini loe semakin bingung. Apakah mau ngelanjutin kuliah atau langsung kerja aja. Dan tapi, jika loe mau sedikit aja baca tulisan gue ini, pertanyaan buat apa kuliah loe bentar lagi akan terjawab.

Sebenarnya, gue adalah seorang anak yang terlahir dari keluarga kurang mampu, dan tentu saja gue gak punya angan-angan buat sekolah sampe setinggi ini. Boro-boro kuliah, bisa sekolah sampe SMA aja untung. Terlebih lagi otak gue yang sangat pas-pasan. Beda jauh kalo dibandingkan dengan para anak orang-orang kaya di sana. Mereka tiap hari makanannya aja rumus matematika, Lha gue! cuma tempe goreng sama sedikit sambel terasi.

 

About noval irmawan

Hanya seorang yang hobi minum kopi, makan mie ayam dan tidur-tiduran.

Check Also

Selamat Datang Sarjana Karbitan!

Selamat Datang Sarjana Karbitan! Selamat datang, selamat datang dan selamat menempuh hidup baru! Sekarang mari …

Agama Adalah Keluasan Berfikir dan Berperasaan

Apa itu agama? Kenapa manusia perlu memeluk agama? Dan kenapa pula di dunia ini begitu …

4 comments

  1. Buat apa kuliah?

    “…mungkin saat ini loe semakin bingung….. jika loe mau sedikit aja baca tulisan gue ini, pertanyaan buat apa kuliah loe bentar lagi akan terjawab…”

    Sebelum lanjut ke paragraf berikutnya (yang ane pikir itu bakal agak panjang buat lebih ngejelasin maksutnya), ane mikir, “wew, apa ya kira2 penjelasan dari mas noval?”. (langsung minat buat ngumpulin niat baca terus.

    pas baca paragraf dbawahnya, trus berhenti di “Lha gue! cuma tempe goreng sama sedikit sambel terasi…”

    Kampret, Anjeeeeeeeen9999, gitu doang -_-
    asyem dikerjain judul, wkwkwkkwkwk

    btw, mayan buat shock terapi lah

  2. kirain ada “read more..”-nya

    -_-

  3. Asli tulisane nanggung banget, gawe tanda tanya besar…….. -_-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *