Home / noval irmawan

noval irmawan

Hanya seorang mahasiswa perantauan yang hobi minum kopi, makan mie ayam dan tidur-tiduran.

Agama Adalah Keluasan Berfikir dan Berperasaan

Apa itu agama? Kenapa manusia perlu memeluk agama? Dan kenapa pula di dunia ini begitu banyak agama? Sepanjang perdaban manusia, banyak para tokoh revolusioner yang lahir dan kemudian membuat gerakan. Para tokoh tersebut membuat dan menjadikan magnet bagi kehidupan di sekelilingnya untuk hidup satu langlah lebih maju dari sebelumnya. Dan …

Read More »

Saya Dukung HTI, Atas Nama Mahasiswa Indonesia

Mari Dukung HTI untuk dibubarkan atas nama mahasiswa Indonesia

HTI kembali bikin geger. Kali ini bukan dari internal organisasinya, melainkan dari pemerintah Indonesia. Sehari sebelum sidang putusan kasus penodaan agama yang menjerat Ahok, pemerintah melalui Menkopolhukam menyatakan akan membubarkan HTI, Senin (8/5/2017). Sontak, hampir seluruh media tertuju pada sikap pemerintah tersebut. Berdampingan dengan berita kecewanya pendukung Ahok di hari …

Read More »

Percuma Sarjana Jika Cuma Jadi Pekerja

Sarjana adalah salah satu status sosial yang dianggap begitu potensial bagi sebagian masyarakat. Khususnya masyarakat yang dimana lingkungannya masih sedikit para terdidik. Disana sarjana masih dianggap sebagai superhero yang bisa segala macam keterampilan, dan merupakan orang yang memiliki derajat lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. Status ini lah yang kadangkala menjadi …

Read More »

Buat Apa Kuliah, Buang-Buang Waktu Saja

buat apa kuliah?

Buat apa kuliah? kenapa seh harus kuliah? Penting juga nggak? Mungkin begitulah pertanyaan dari loe sebagai calon mahasiswa baru. Pernah suatu ketika, dulu saat masih jaman-jamannya anak SMA, gue nganggap bahwa kuliah itu penting. Teman-teman seangkatan juga sama, satu anggapan, begitu juga dengan orang tua, menganggap kuliah itu penting. Pokoknya, mulai dari anaknya tetangga …

Read More »

Ibu, Aku ‘Telolet’ Padamu

Ibu, dua hari ini jagad maya sedang ramai dengan yang namanya ‘om telolet om’. Tapi entah kenapa, aku tidak begitu peduli dengan itu. Padahal, di setiap bepergian, teman-temanku, sahabat-sahabat dan orang lain yang tidak kukenal pun ramai membicarakannya. Sebentar-sebentar ‘telolet’ katanya. lagi-lagi ‘telolet’. Mereka menjadi sedemikian sibuk mencari tahu apa …

Read More »

Liburan Akhir Pekan Ala Gue, Mahasiswa Kelas Sebelas

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan akhir pekan. Teman-teman gue sudah mulai menyusun agendanya masing-masing. Mulai dari bangun tidur sampai gak tidur-tidur. Ada yang menjadwal tidur seharian, jalan-jalan seharian, melek semaleman, sampai pacaran 24 jam. Tapi gue gak seperti itu, itu sih udah biasa. Gue gak mau akhir pekan terbuang sia-sia, …

Read More »