Home / Ngampus / Agung Yusuf Raih Gelar Mawapres Utama UIN Suska Riau
koleksi pribadi Agus Aspriyanto

Agung Yusuf Raih Gelar Mawapres Utama UIN Suska Riau

Dilansir dari tribunpekanbaru.com- Jum’at, 1 Desember 2017, Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska Riau dipadati oleh penonton, finalis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres), dan para juri. Pagi itu, setelah mengikuti tahapan seleksi berkas, 10 mahasiswa terbaik yang mewakili fakultasnya masing-masing unjuk kemampuan dalam Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Universitas.

Para finalis terdiri dari 3 laki-laki dan 7 perempuan. Mereka adalah:

1. Agung Yusup (Pendidikan Bahasa Arab 2014)

2. Eki Ari Wibowo (Pendidikan Ekonomi 2015)

3. Rifaldi Saputra (Sistem Informasi 2014)

4. Alifa Syahza Hassiwi (Administrasi Negara 2014)

5. Muji Rahayu Wigati (Pendidikan Kimia 2015)

6. Nadya Safitri Dongoran (Sistem Informasi 2015)

7. Nombur Camelia Harahap (Ekonomi Syariah 2015)

8. Nurmaulina (Ekonomi Syariah 2015)

9. Suci Hidayati (Teknik Informatika 2015)

10. Utari Armila (Sistem Informasi 2015)

Berbagai persiapan telah mereka lakukan untuk hari yang sangat bersejarah itu. Masing-masing dari mereka membekali diri agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh juri. Waktu yang diberikan untuk menjawab pertanyaan hanya satu menit. Mereka harus bisa menggunakannya semaksimal mungkin.

Penilaian dilakukan terhadap lima komponen yang terdiri dari IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), Karya Tulis Ilmiah, kepribadian, wawasan, serta kemampuan bahasa Inggris dan Arab. Untuk komponen IPK dinilai sejak seleksi berkas. Penilaian komponen Karya Tulis dilakukan oleh Endriyanto, kepribadian oleh Dr. Nurfaizal, M.Ag., wawasan oleh Mahmuzar, M.Hum., bahasa Arab oleh Kasmiyati, MA., dan bahasa inggris oleh Nurdiana, M.Pd.

Satu per satu finalis maju dan siap menjawab pertanyaan dari pada juri disaksikan oleh para penonton yang hadir. Tepat pukul 17.00 WIB, penonton dan para finalis dibuat berdebar-debar ketika pembawa acara Grand Final Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2017 membacakan 3 nama yang berhasil menduduki peringkat 3 besar.

Setiap sudut Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska Riau dipenuhi oleh rasa penasaran dari para penonton dan finalis yang meluap-luap. Nama Agung Yusup, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab muncul sebagai juara 1. Sorak-sorai dan tepuk tangan penonton menggema seiring disebutkannya nama Yusup sebagai Mawapres Utama UIN Suska Riau 2017, disusul oleh Rifaldi Saputra (FST/ Sistem Infromasi) sebagai Mawapres II UIN Suska Riau, dan posisi ketiga diraih oleh Muji Rahayu Wigati (FTK/ Pendidikan Kimia).

Agung Yusup tidak menyangka bahwa dirinya akan menjadi Mawapres Utama Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 2017. Raut bahagia dan haru nampak di wajah Agung.

Agung memang dikenal aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kampus. Dia bahkan pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Hima Pendidikan Bahasa Arab tahun 2016 dan Ketua Pelaksana Olimpiade Bahasa Arab se-Provinsi Riau tahun 2016.

Agung mengungkapkan bahwa persaingan untuk mendapatkan gelar Mawapres sangatlah ketat. Dirinya bahkan sama sekali tidak menyangka akan menjadi pemenang.

“Setelah terpilihnya Mawapres ini, UIN Suska Riau mempunyai agen baru untuk memompa semangat berprestasi mahasiswa. Harapan kedepan agen ini senantiasa berprestasi dan mengiringinya dengan inspirasi dengan konribusi gerak yang akan mereka buat kedepan, Insya Allah Mawapres akan menjadi komunitas sendiri untuk mewujudkan harapan bersama tersebut,” kata Fadhlan Husaini, Menteri Pendidikan BEM UIN Suska Riau.

Apa yang diungkapkan Fadhlan Husaini memang sejalan dengan tema yang diusung dalam pemilihan Mawapres tahun ini, yaitu “Kontribusi Mahasiswa Berprestasi Untuk Kemajuan Kampus Islami Madani”.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Harapan BI Usai Gelar GenBI Leadership Camp 2017

Dilansir dari replubika.co.id. Bank Indonesia (BI) mengajak mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi …

Berlibur Bersama Keluarga di Batur Agung Waterpark

Batur Agung Waterpark merupakan wana wisata yang cocok untuk menikmati waktu libur kamu bersama keluarga. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *