Home / NgeTrip / 9 Tips Liburan Murah. Dijamin Dompet Nggak Tekor
drwox.com

9 Tips Liburan Murah. Dijamin Dompet Nggak Tekor

Siapa yang suka liburan? Cihuy, kebanyakan dari kita pasti suka yak geng kalau liburan. Tapi, kadang budget jadi penghalang. Alhasil, liburan Cuma jadi ekspektasi belaka. Tenang geng, berikut ini ada tips biar liburan kalian on budget. Yuk simak.

1. Lakukan Riset Kecil-kecilan dan Minta Pendapat Yang Sudah Berpengalaman

theregister.co.uk

 

Sebelum liburan, lebih baik kalian lakukan riset kecil-kecilan tentang tempat yang bakalan dituju. Riset tersebut misalnya meliputi harga tiket, penginapan, makanan, dan lainnya. Melalui riset tersebut kalian bisa punya gambaran kira-kira cocok nggak nih sama budget. Kalian bisa mendapatkan informasi tersebut melalui internet atau bisa juga bertanya secara langsung kepada orang yang udah berpengalaman pergi ke tempat yang kalian maksud.

2. Rajin Cek Harga Tiket Secara Berkala dan Pesan Jauh-Jauh Hari

www.astralife.co.id

 

Ini khusus buat kalian yang mau bepergian mengguakan pesawat atau kereta. Biasanya ada maskapai yang melakukan promo, nah kalian harus rajin cek harga tiketnya secara berkala. Kalau udah ketemu harga yang cocok dengan budget, cus deh pesen. Selain itu kalian juga harus melakukan pemesanan jauh-jauh hari biar nggak kehabisan tiket murah.

Bagi kalian yang mau bepergian naik bus, pastikan juga harga karcis sesuai budget. Jangan membeli karcis ke calo yak geng, soalnya harga pasti lebih mahal. Kalau liburannya naik motor gimana? Pertama udah pasti cek kondisi kendaraan dan kelengkapan surat-suratnya. Biar lebih irit bensin, kalian bisa tuh minta bantuan google map untuk mencari jalur terdekat ke tempat liburan yang kalian tuju.

3. Hindari Bepergian pada saat High Season

www.antaranews.com

Fyi, buat kalian yang baru pertamakali mau travelling, hindari bepergian pada saat high season (seperti pada saat liburan, atau pada saat tanggal dan bulan-bulan tertentu). Kenapa? Karena di high season pasti tiket maupun penginapannya bakalan lebih, bahkan sampai berkali-kali lipat geng. So, cari waktu yang low season aja yak, dimana nggak terlalau banyak orang yang lagi liburan. Kalau mau lebih hemat lagi nih dan kalau memungkinkan, mendiang kalian travelling di hari-hari biasa aja.

4. Buat rincian biaya

wisatahatijateng.com

 

Nah, yang satu ini sering banget diabaikan geng, dianggap nggak penting. Padahal penting banget. Kalau kita nggak buat rincian biaya nanti tau-tau uang udah abis aja. Mungkin kalian nggak tau pasti nominal yang dikeluarkan, cukup kira-kira aja. Tentukan budget minimal untuk transportasi, makan, dan akomodasi, kemudian lebihkan budget kalian buat jaga-jaga. Nah, dari rincian biaya tersebut kalian jadi tahu berapa nominal yang perlu dikeluarkan, untuk keperluan apa saja. So, nggak perlu mengeluarkan uang buat hal-hal yang nggak diperlukan.

5. Carilah Tempat Penginapan Yang Nyaman dan Sesuai Budget

www.rumahditanahbali.com

 

Kalau memungkinkan, kalian bisa memesan kamar penginapan jauh-jauh hari melalui internet, Misal nggak sempat, kalian bisa juga kok on the spot. Cari tempat penginapan yang nyaman dan layak ditinggali atau cari rumah warga setempat yang bisa menyewakan kamar. Jangan berani menginap di hotel, apalagi hotel berbintang kalau budget kalian nggak memungkinkan.

6. Jangan Berbelanja di Tourits Spot

indosurflife.com

 

Kenapa jangan berbelanja di tourist spot? Soalnya nih geng, harga barang-barangnya udah pasti mahal. Mending kalian cari tempat lain yang juga menjual barang yang sama atau barang yang kalian inginkan. Pokoknya kalau lewat tourist spot kalian harus pake kacamata kuda. Hehe. Nggak juga sih ya. Yang penting pintar-pintar aja membatasi pengeluaran, tahan diri untuk belanja di tourist spot.

7. Usahakan Punya Teman Perjalanan

airport.id

 

Usahakan kalian punya teman perjalanan. Kenapa? Karena biasanya kalau rombongan bakalan lebih murah. Kalian juga bisa dapet paket rombongan ke tempat wisata. Tapi kalau kalian nggak mau rombongan, its ok, itu pilihan. Kali aja kalian lagi mau liburan sendirian atau intens bareng kekasih halal. Eakkk.

8. Makan Di Tempat Makan Lokal

www.rmol.co

 

Udah bukan rahasia umum yak geng, kalau makan di tempat rekreasi udah pasti mahal. So, lebih baik kalian makan di sekitar tempat wisata dan jangan makan di restoran mewah. Kalian bisa makan di warung-warung lokal yang harganya jauh lebih murah.

9. Lakukan Perjalanan Malam

kehendakbaru.wordpres.com

Perjalanan malam bisa juga untuk mensiasati pembengkakan pengeluaran saat bepergian. Kalian bisa tidur di dalam kendaraan sekaligus menghemat biaya penginapan. Nah, cara ini efektik banget loh geng buat kalian yang bakalan melakukan perjalanan jauh dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk sampai di lokasi tujuan.

 

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Harapan BI Usai Gelar GenBI Leadership Camp 2017

Dilansir dari replubika.co.id. Bank Indonesia (BI) mengajak mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi …

Seputar Jurusan Ilmu Perpustakaan

Kalian sering ke Perpustakaan? Emh, atau paling nggak ya pernah kan ke Perpustakaan? Buku-buku yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *