Home / Ngampus / 9 Perguruan Tinggi Negeri di Semarang. Kamu Minat yang Mana?
nasional.tempo.co

9 Perguruan Tinggi Negeri di Semarang. Kamu Minat yang Mana?

Memilih universitas sebagai tempat untuk menempuh pendidikan tinggi memang harus mempertimbangkan banyak hal, salah satunya yakni kota dimana universitas tersebut berada. Semarang, sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu kota yang tujuan untuk kamu meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena biaya hidupnya yang relatif terjangkau. Selain itu, di Semarang juga terdapat perguruan tinggi negeri yang kualitasnya tidak diragukan lagi.

Bagi kamu yang memang berniat kuliah di Semarang, berikut ini adalah beberapa perguruan tinggi negeri yang bisa kamu pilih.

1. Universitas Diponegoro (UNDIP)

nasional.tempo.co

 

Universitas Diponegoro atau yang lebih sering disebut UNDIP, merupakan universitas tertua di kota Semarang. Awalnya, UNDIP bernama Universitas Semarang dan pada tahun 1961 beralih status menjadi negeri dengan nama Universitas Diponegoro. Kampus yang berlokasi di Tembalang ini memiliki kurang lebih 11 Fakultas dan 17 program studi jalur SOSHUM dan 32 program studi jalur SAINTEK.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai detail fakultas, biaya, dan pendaftaran, kamu bisa kunjungi situs resmi UNDIP di www.undip.ac.id

2. Univertas Negeri Semarang (UNNES)

jowonews.com

 

Universitas Negeri Semarang atau yang lebih dikenal dengan sebutan UNNES merupakan universitas yang dikenal mencetak tenaga pengajar dan pendidikan yang mumpuni. Meskipun lebih dikenal dengan program kependidikannya, UNNES juga memiliki beberapa program studi non kependidikan, antara lain kesehatan masyaakat, teknik sipil dan sastra.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi UNNES di www.unnes.ac.id.

3. Univeristas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo)

kampusaja.com

 

UIN Walisongo dulunya bernama IAIN Walisong. Meskipun kebanyakan progam studi mengkaji tentang keislaman, namun UIN Walisongo juga memiliki prodi lain seperti fisika, kimia, ilmu gizi, psikologi, sosiologi, dan ilmu politik. Jika kamu tertarik kuliah di UIN Walisongo, kamu bisa mencari informasi selengkapnya di www.uinwalisongo.ac.id.

4. Politeknik Negeri Semarang (POLINES)

m.republika.co.id

 

FYI nih, dulunya Politeknik Negeri Semarang merupakan bagaian dari Universitas Diponegoro yang menyelenggarakan jenjang studi diploma. Tidak mengherankan jika letak kampus POLINES dekat dengan UNDIP, yakni di Tembalang. Informasi selangkapnya tentang POLINE bisa kamu lihat di www.polines.ac.id.

5. Politeknik Kesehatan Semarang (POLTEKKES)

hoteldekatkampus.com

 

Politeknik Kesehatan Semarang berada tidak jauh dari POLINES dan UNDIP. Jadi kalau kamu kuliah di POLTEKES bisa main-main ke POLINE dan UNDIP. Siapa tahu teman kamu ada yang kuliah disana.

Sesuai namanya, POLTEKES menyelenggarakan program studi di bidang kesehtaan dengan jenjang d3 dan d4. Antara lain yakni kebidanan, perawat, kesehatan masyarakat, gizi, dan lainnya.

Butuh informasi lebih lanjut? Langsung saja kujungi situs resmi POLTEKKES di www.poltekkes-smg.ac.id.

6. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (P3B/BPLP/PIP Semarang)

reviewsemarang.com

 

Bagi kamu yang tertarik bekerja di pelayaran, kamu bisa mencoba mendaftar di PIP Semarang ini nih. Kamu akan belajar banyak hal terkait seluk beluk ilmu kepelayaran. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi (www.pip-semarang.ac.id)

7. Politeknik Maritim Negeri Indonesia (POLIMARIN)

id-id.facebook.com

 

Politeknik Maritim Negeri Indonesia atau yang disingkat POLIMARIN ini merupakan tempat pencetak para pelaut yang handal dan tangguh selain PIP Semarang. Bagi kamu yang tertarik menjadi pelaut, kamu bisa memilih antara PIP semarang atau POLIMARIN.Informasi selangkapnya tentang POLIMARIN bisa kamu akses di www.polimarin.ac.id.

8. Akademi Kepolisian (AKPOL)

bimbinganterpadu8.com

 

Bagi kamu ingin begitu lulus langsung bekerja, kamu bisa mencoba mendaftarkan diri ke Akademi Kepolisian yang ada di Semarang. Karena AKPOL merupakan kampus ikatan dinas. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs www.akpol.ac.id.

Nah, itulah 8 perguruan tinggi negeri di Semarang. Kira-kira kamu minat yang mana?

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Minum Menggunakan Sedotan, Esensinya Apa?

Apakah kamu termasuk spesies manusia sehat yang minum menunggunakan sedotan plastik? Jika iya, kamu adalah …

Malu Bertanya, Sesat di Perasaan

Pernah mendengar ungkapan ‘malu bertanya sesat di jalan’? Ungkapan tersebut sudah familiar di telinga kita, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *