Geng, kalian ada keinginan buat kuliah di luar negeri tapi terkendala biaya? Selain dengan cara mengejar beasiswa, kamu juga bisa loh mencari negara yang biaya kuliah dan biaya hidupnya tidak terlalu mahal. Memangnya ada? Ada dong. 8 negara di luar negeri berikut ini memiliki biaya pendidikan termurah di dunia. Yuk simak.

1. Kenya

nairobiwire.com

 

Di posisi pertama ada Kenya yang merupakan negara di bagian timur benua Afrika, Ibukota Nairobi. Meski menempati posisi pertama sebagai negara dengan biaya pendidikan termurah di dunia, bukan berarti kualitas negara ini diragukan yak geng. Pasalnya, Kenya merupakan negara yang bergengsi dalam bidang teknologi. Hal tersebut tidak lain karena pemerintah setempat sangat memperhatikan pendidikan dengan baik, salah satunya dengan memberikan biaya pendidikan yang murah, yakni sekitar 16,6 juta.

Beberapa universitas ternama di Kenya yang bisa kamu pilih antara lain University of Nairobi dan Kenyatta University.

2. Bangladesh

ce.buet.ac.bd

 

Posisi ke-2 ditempati oleh Bangladesh, negara di Asia Selatan dengan ibukota Dhaka. Biaya kuliah di negara ini sekitar 20,4 juta. Meskipun berdasarkan peringkat dunia, universitas di Bangladesh tidak menduduki peringkat yang terlalu tinggi, namun berkuliah di Bangladesh bisa dipertimbangkan yak geng, mengingat biayanya yang murah.

Beberapa universitas di Bangladesh yang bisa kamu pilih antara lain Bangladesh University of Engineering and Technology, University of Dhaka, dan Rajshahi University.

3. Argentina

economicas.uba.ar

 

Argentina menempati posisi ke-3. Sebagai negara yang sangat kental dengan budaya Amerika Latin, Argentina juga memiliki biaya kuliah yang murah, yakni 34,5 juta. FYI nih geng, setidaknya ada lebih dari 90.000 mahasiswa internasional yang datang untuk ke Argentina setiap tahunnya.

Beberapa universita yang bisa kamu pilih antara lain Universidad de Buenos Aires dan Universidad Nacional de la Plata.

4. Norwegia

uio.no

 

Posisi ke-4 ditempati oleh Norwegia, sebuah negara yang terletak Eropa bagian utara. Negara ini terkenal dengan Olimpiade Musim Dingin. Biaya kuliah di negara ini mencapai 35,01 juta. Beberapa universitas terkenal Norwegia yang bisa kamu pilih yakni University of Oslo, University of Bergen, dan Norwegian University of Science and Technology.

5. Polandia

uw200.uw.edu.pl

 

Polandia menduduki posisi ke-4 dengan biaya kuliah 36,9 juta. Negara beribukota Warsaw ini, menjadi destinasi kuliah favorit penduduk Eropa. Yang menarik, kamu bisa berkuliah seara gratis di negara ini jika kamu mau belajar menggunakan bahasa pengantar Polandia sebagai bahasa pengantar dan mengikuti ujian yang sama sebagaimana warga asli Polandia.

Beberapa universitas yang bisa kamu pilih antara lain University of Warsaw dan Jagiellonian University.

6. Slovenia

radiostudent.si

 

Posisi ke-6 ditempati oleh Slovenia. FYI nih geng, pendidikan di negara ini menduduki peringkat ke-12 terbaik di dunia dan peringkat ke-4 terbaik di Uni Eropa. Biaya kuliah di negara ini sebesar 52,8 juta.Beberapa universitas terbaik di Slovenia yang bisa kamu pilih yakni University of Ljubljana, University of Maribor, University of Nova Gorica dan EMUNI University.

7. Belarus

wordrussin.com

 

Belarus menempati posisi ke-7. Negara yang berada di bagian timur Eropa ini memiliki biaya kuliah sekitar 55,2 juta. Beberapa universitas terkenal di Belarus yang bisa kamu pilih antara lain Belarusian State University dan Yanku Kupala State University of Grodno.

8. Ukraina

studymedico.com

 

Terakhir, di posisi ke-8 yaitu negara Ukraina yang terkenal dengan keindahan arsitektur katredal dan pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Biaya kuliah di negara ini sekitar 56,1 juta.

Beberapa universitas yang bisa kamu pilih antara lain Karazin Kharkiv National University, Taras Schevchenko National University of Kyiv dan National Technical University of Ukraine.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here