Home / Ngampus / 8 Kota di Indonesia yang Menjadi Destinasi Favorit untuk Menempuh Pendidikan Tinggi
agoda.com

8 Kota di Indonesia yang Menjadi Destinasi Favorit untuk Menempuh Pendidikan Tinggi

Kuliah di luar negeri memang nyatanya keren yak. Tapi tidak semua orang berhasil lolos seleksi kuliah di luar negeri dan tidak semua orang berkeinginan kuliah di luar negeri. Nah, buat kamu yang sudah merencanakan kuliah di Indonesia saja, kamu perlu tahu nih kota mana yang menjadi destinasi favorit para calon mahasiswa baru untuk menempuh pendidikan tinggi. Ya siapa tahu kamu bertemu teman lama bahkan teman hidup di kota berikut. Eh, tapi tetap yang menjadi tujuan utama itu menuntut ilmu ya, perkara ketemu jodoh ya itu bonus. Hix.

Nah, kota apa saja ya masuk ke dalam daftar destinasi favotit untuk menempuh pendidikan tinggi? Yuk simak

Bandung

agoda.com

 

Kesejukan kota ini menjadi salah satu daya tarik bagi para calon mahasiswa baru untuk kuliah di sana. Bandung memiliki banyak Universitas ternama, baik negeri maupun swasta yang masuk dalam jajaran universitas terbaik di Indonesia, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Telkom University adan Universitas Parahyangan (Unpar).

Kota yang juga dikenal sebagai Paris Van Java ini juga memiliki infrastruktr lengkap. Selain itu, banyaknya destinasi wisata di Bandung juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon mahasiswa. Bagaimana pun juga, kuliah butuh liburan kan? Hix.

Jabodetabek

nationsonline.org

 

Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, meskipun tidak sesejuk Bandung dan biaya hidupnya tinggi, namun kota-kota ini menyediakan fasilitas pendidikan yang lengkap. Banyak universitas negeri dan swasta terdapat di kota-kota ini, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Kesenian Jakarta, dan lainnya.

Yogyakarta

batok.co

 

Mendapat julukan sebagai kota Pelajar, nyatanya Yogyakarta memang memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan tentunya berkualitas, salah satunya yakni perguruan tinggi. Deretan perguruan tinggi ternama terdapat di kota ini, baik negeri maupun swasta, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Universitas Ahmad Dahlan.

Selain faktor tersebut, terdapat faktor lain yang menjadi daya tarik yakni biaya hidup yang relatif murah, kebudayaan, atmosfir intelektual yang dinamis, transportasi memadai, dan destinasi wisata yang lengkap.

Solo

medium.com

 

Kota yang dekat dengan Yogyakarta ini juga termasuk salah satu kota yang menjadi destinasi favorit para calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi. Berbagai universitas bergensi terdapat di kota ini, antara lain yakni Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Selain itu, biaya hidup yang terjangkau, kultur masyarakat yang ramah, kuliner yang beragam, kemudahan akses transportasi, kekayaan budaya, dan banyaknya destinasi wisata juga menjadi daya tarik bagi para calon mahasiswa baru.

Semarang

jrrny.com

 

Meski biaya hidup di Semarang tidak semurah di Yogyakarta dan Solo, namun sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang memiliki berbagai fasilitas penunjang pendidikan yang memadai. Dua universitas terbaik yang ada di Semarang yakni Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Diponegoro (Undip).

Surabaya

qerja.com

 

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota ini memiliki fasilitas pendidikan dan lapangan pekerjaan yang memadai. Tidak jarang, mahasiswa di kota ini kuliah sambil bekerja paruh waktu. Sebagai kota yang bisa dibilang metropololitan, biaya hidup di Surabaya tergolong relatif tinggi.

Kampus unggulan di kota ini antara lain yakni Universitas Airlangga (Unair) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Malang

ngalam.com

 

Seperti halnya Bandung, Malang juga memiliki udara sejuk dan beragam kuliner yang menjadi daya tarik tersendiri. Biaya hidup di kota yang terkenal dengan buah Apel ini juga terbilang masih terjangkau.

Kualitas pendidikan Malang juga tidak diragukan lagi. Sejumlah kampus ternama menjadi magnet bagi para mahasiswa baru, antara lain Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Negeri Malang, dan Institut Teknologi Nasional Malang.

Makassar

lontar.id

 

Setelah sebagian besar kota yang telah disebutkan berada di pulau Jawa, sekarang kita akan menuju ke Sulawesi, tepatnya Makassar. Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini tidak hanya pusat ekonomi Indonesia bagian Timur, namun juga menjadi destinasi favorit untuk menempuh pendidikan. Beberpa universitas ternama di kota ini yakni Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Alauddin, dan Universitas Fajar.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Tipe Mahasiswi Dilihat Dari Pilihan Detergen (Edisi 2)

Setelah beberapa waktu lalu sempat disinggung tipe-tipe mahasiswi dilihat dari pilihan detergen, pada kesempatan kali …

Kisah Odol dan Pepsodent; yang Pertama Belum Tentu Jadi yang Terakhir

Selama berpuasa, mulut cenderung mudah bau. Hal tersebut tentu membuat kita tidak percaya diri, walaupun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *