Kalian ada rencana kuliah di luar negeri nggak? Kalau iya, mulai dari sekarang cari tau yuk tentang negara yang cocok untuk kuliah. Nggak semua negara cocok loh, ada banyak faktor yang perlu kalian pertimbangkan, yang utama yaitu faktor fasilitas pendidikan dan biaya hidup. Yes banget, percuma kan kuliah di luar negeri tapi fasilitas pendidikannya nggak memadai. Biaya hidup juga penting, kalau biaya hidup terlalu tinggi, nanti bisa-bisa kalian berhenti kuliah di tengah jalan. Berdasarkan pertimbangan dua faktor tersebut, ada 7 negara yang paling diminati pelajar Indonesia untuk kuliah di luar negeri nih. Yuk simak.

1. Australia

www.optima-education.com

 

Australia merupakan salah satu negara paling diminati pelajar Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Setidaknya 8.000 hingga 10.000 mahasiswa baru yang berasal dari Indonesia berdatangan ke negeri kangguru ini setiap tahunnya. Kenapa Australia diminati oleh pelajar Indonesia ya? Alasan yang pertama karena faktor lokasi. Di peta aja udah keliatan ya kalau jarak Indonesia Australia nggak jauh-jauh amat dibandingin sama negara-negara di Eropa. Karena jarak yang relatif deket, tentunya nggak terlalu bikin orang tua khawatir. Selain itu, kalau orang tua atau saudara mau berkunjung, biaya dan akomodasinya masih masuk kategori terjangkau deh.

Faktor yang kedua, kualitas pendidikan di Australia nggak diragukan lagi deh pokonya. Ada puluhan universitas berstandar nasional di sana. Antara lain Australian National University dan Monash University. Selain itu, biaya hidup di Australia tergolong sedang, mahal enggak murah juga enggah. Untuk tambahan uang saku, kalian bisa dengan bekerja part time. Banyak kok mahasiswa asal Indonesia yang kerja part time disana. Selain bisa mengisi waktu luang, juga dapat uang. Eakkk.

2. Amerika Serikat

www.holidaypirates

 

Yang kedua ada Amerika Serikat. Negara ini sering banget membuka beasiswa bagi pelajar Indonesia. Nggak heran kalau negara Paman Sam tersebut jadi negara yang paling banyak dituju oleh mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi.

Kebanyakan pelajar Indonesia yang kuliah di sana tuh ngambil jurusan pendidikan, bisnis, dan management. Soal kualitas pendidikannya nggak perlu diragukan lagi. Banyak program studi dan jurusan unggulan yang disediakan oleh Universitas. Biaya hidup di Amerika tergolong mahal. So, pinter-pinternya kalian nyari kerja part time ya.

3. Inggris

twitter.com

 

Kualitas pendidikan di Inggris nggak perlu ditanyain lagi deh. Udah pasti jempolan. Terutama universitas legendaris seperti Oxford University dan Cambridge University. Inggris menjadi tempat kuliah bagi lebih dari 2.000 mahasiswa asal Indonesia setiap tahunnya. Selain karena kualitas pendidikan yang tinggi, Inggris diminati pelajar Indonesia karena kultur budaya yang menyenangkan, penduduknya merupakan campuran dari berbagai etnis dan budaya.

Biaya hidup di Inggris nggak beda jauh sama Amerika Serikat. Jika inggal di negara ini, para pelajar memang harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membiayai kuliah, makan sehari-hari, dan menyewa flat (sejenis kamar kost). Tapi nggak perlu risau, kalian bisa juga kerja part time kok, sektor industri di negara ini terbilang banyak, jadi peluang kerja part timenya lebih besar.

4. Singapura

kreditgogo.com

 

Singapura menjadi salah satu negara yang paling diminati pelajar indonesia untuk kuliah di luar negeri, alasanya karena letaknya yang terbilang deket dari Indonesia. Singapura merupakan satu-satunya negara di Asia yang punya peringkat tinggi dalam daftar universitas terbaik di dunia. Dua universitas terbaik di Singapura yaitu National University of Singapore dan Pnanyang Technological University. Selain kedua kampus tersebut, ada juga Singapore Institute of Management dan Singapore Management University yang kebanyakan mahasiswanya banyak berasal dari Indonesia.

Selain jarak dan kualitas pendidikan, budaya yang nggak jauh beda sama Indonesia juga jadi salah satu faktor yang membuat pelajar Indonesia tertarik melanjutkan studi di sana. Eh, tapi biaya hidup di Singapura terbilang sangat mahal. So, kebanyakan pelajar Indonesia di sini kalau nggak berasal dari keluarga ningrat, ya pasti berasal dari penerima beasiswa.

5. Jepang

www.iloveqatar.net

 

Selanjutnya ada Jepang. Negeri sakura ini sering banget menawarkan berbagai beasiswa untuk pelajar Indonesia. Rata-rata, Jepang menerima sekitar 3,000 hingga 4,000 orang mahasiswa baru asal Indonesia setiap tahunnya. Tentang kualitas pendidikan, Universitas di Jepang selalu nongkrong di jajaran daftar universitas terbaik dunia, seperti Tokyo University dan Kyoto University. Bisa tinggal dan kuliah di Jepang juga menjadi hal yang sangat menarik bagi pelajar-pelajar Indonesia, selain budayanya yang unik, Jepang juga memiliki berbagai tempat bersejarah dan objek wisata yang bisa dikunjungi saat libur kuliah. Wiuh, asik kan? Kuliah ok, liburan juga ok.

6. Jerman

news.okezone.com

 

Selain Inggris, Jerman juga menjadi salah satu negara paling diminati pelajar Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Jerman diminati sebagai tempat kuliah karena terkenal dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuannya. Bagi kalian yang minat di bidang sains dan teknologi, Jerman bakalan jadi tempat yang cocok banget. Soal biaya hidup, tenang aja, nggak terlalu mahal kok kalo dibandingin sama beberapa negara Eropa lainnya. Di Jerman juga terdapat berbagai tempat-tempat untuk bekerja part time bagi mahasiswa.

7. Belanda

www.hipwee.com

 

Terakhir ada Belanda nih. Belanda sering juga buka program beasiswa dan pertukaran pelajar bagi pelajar Indonesia yang ingin kuliah di negeri kincir angin tersebut. Setiap tahunnya Belanda menerima kurang lebih 5,000 pelajar asal Indonesia. Sama kayak Australia, biaya hidup di Belanda nggak mahal, tapi juga nggak murah. Tapi selow aja gengs, kalian bisa menekan biaya hidup dengan penggunaan transportasi umum yang murah dan terjamin kualitasnya.

Nah, itu 7 negara yang paling diminati pelajar Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Kalian minat yang mana gengs? Kalau udah ada jawabannya, mulai dari sekarang cari tau deh tentang profil-profil universitas yang ada di negara pilihanmu. Selamat mencari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here