Di tahun ajaran baru, biasanya mahasiswa baru akan dikenalkan dengan berbagai macam organisasi, salah satunya yaitu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). UKM itu apa sih? UKM merupakan wadah bagi mahasiswa untuk melakukan berbagai macam aktivitas kemahasiswaan, tujuannya adalah untuk mengembangkan hobi, minat dan bakat yang nggak bisa tersalurkan di dalam kelas, baik di tingkat program studi, jurusan, maupun universitas.

Kalian nggak perlu khawatir kalau join UKM, kenapa? Karena UKM merupakan lembaga intra kampus. Udah pasti deh kemanan dan legalitasnya lebih terjamin, karena dimonitor langsung oleh kampus.

Jumlah dan jenis UKM di masing-masing Universitas berbeda-beda. Tapi secara umum, ada UKM yang emang ada hampir di seluruh Universitas, dan yang pasti paling banyak diburu oleh mahasiswa. Apa aja yah? Yuk simak.

1. UKM Olahraga

news.unika.ac.id

 

Namanya aja UKM Olahraga, pasti ya berfokus pada pengembangan minat dan bakat di bidang olahraga. UKM ini cocok buat kalian yang hobi olahraga atau yang baru banget tertarik sama dunia olahraga. Cabang unit UKM olahraga ada banyak banget, tergantung masing-masing kampus, mulai dari basket, renang, sepak bola, batminton, futsal, voli, catur dan lain-lain.

Hampir di semua kampus memiliki UKM olahraga. Peminatnya juga nggak sedikit loh. Biasanya UKM ini lebih didominasi oleh kaum lelaki, tapi nggak jarang juga kok mahasiswi yang ikut gabung. Untuk kampus yang udah punya fasilitas lengkap, biasanya kegiatan dilakukan di gedung olahraga atau bisa juga di luar kampus untuk mencari suasana baru biar anggota nggak bosen. Di UKM ini, kalian bisa mengembangkan skill olahraga dan bahkan bisa mencetak prestasi.

Ada banyak keuntungan mengikuti UKM olahraga. Pertama, kesehatan dan kebugaran tubuh terjaga. Kedua, jika kalian terpilih mengikuti berbagai turnamen, kalian bisa dapet kenalan dan teman baru. Ketiga, yang pasti skill olahraga yang kalian miliki bakalan semakin terasah. Mantap kan, bisa berprestasi dan sehat dalam satu paket?

2. UKM Pecinta Alam

karakterunsubar.com

 

Kalian suka petualangan dan penikmat keindahan alam? Nah, UKM Pecinta Alam cocok banget buat kalian. Namanya aja UKM Pecinta Alam, pasti di sini kalian bakalan diajak untuk mengenal dan mencintai alam. Di UKM ini kalian bakalan dibekali dengan berbagai kemampuan dan keterampilan bertahan hidup di alam bebas (survive) dengan peralatan terbatas. Selain itu, sikap dan pribadi kalian bakalan ditempa sedemikian rupa untuk menjadi mandiri dan pemberani serta bertanggungjawab. Kegiatan UKM Pecinta alam antara lain meliputi rock climbing, hiking, kemah, dan lainnya.

3. UKM Musik

www.ubhara.ac.id

 

Selanjutnya ada UKM musik. Bagi kalian yang punya skill bermain musik bisa banget gabung di UKM yang satu ini. Kalian bisa juga membentuk sebuah band loh. UKM musik biasanya sering mengadakan acara seperti konser. Lumayan kan bisa axis. Selain itu, kalian juga bisa mengikuti berbagai ajang festival musik atau band sekaligus mengharumkan nama kampus tercinta.

4. UKM Paduan Suara

sterilpoltekes.bdg.wordpress.com

 

Paduan suara merupakan salah satu UKM yang cukup bergengsi, terutama bagi kaum hawa. Hampir setiap tahun banyak kompetisi berskala nasional maupun internasional dalam bidang paduan suara. Di UKM ini, mahasiswa dilatih untuk mengasah skillnya dalam hal tarik suara. Kerjasama dan kekeompakan juga menjadi hal penting yang diajarkan di UKM Paduan Suara.

5. UKM Teater

news.unair.ac.id

 

UKM teater identik dengan acting atau bermain peran. Di UKM ini kalian bisa menggali dan mengasah kemampuan bermain peran. Pokoknya, di UKM Teater nggak ada yang namanya “malu”. Kepercayaan diri kalian bakalan up banget deh kalau gabung di UKM ini.

6. UKM Fotografi

lampungtribunnews.com

 

Saat ini, kegiatan fotografi menjamur di mana-mana. Nggak hanya dari kalangan profesional, mahasiswa juga ikut berkecimpung di dunia fotografi, salah satunya melalui UKM kece satu ini yang banyak diminati oleh mahasiswa dan mahasiswi. Di UKM fotografi kalian belajar banyak hal seputar teknik memotret, editing foto, dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here