Menempuh pendidikan tinggi di Jakarta merupakan hal yang menjanjikan, sebab lokasinya sangat trategis untuk mengakses segala keperluan dalam menuntut ilmu. Sebagai Ibu Kota Indonesia, di Jakarta banyak terdapat perguruan tinggi negeri dan swasta.

Bagi kalian yang sedang mencari informasi tentang daftar perguruan tinggi negeri di Jakarta, yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. Universitas Indonesia (UI)

anakui.com

 

Universitas Indonesia atau yang biasanya disebut UI, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta Kampus utamanya berada di perbatasan antara Jakarta Selatan dan Depok. Sedangkan kampus lainnya berlokasi di daerah Salemba, Jakarta Pusat.

Sebagai kampus yang modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis, UI menjadi satu dari tiga perguruan tinggi terbaik di Indonsia bersama dua lainnya, yakni Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

Awal mula terbentuknya Universitas Indonesia yakni ketika pemerintah Belanda mendirikan sekolah untuk mencetak asisten dokter tambahan yang bersertifikat sebagai dokter jawa . (Javanese doctor). Masa pendidikan untuk mendapatkan gelar tersebut yakni 3 tahun. Kemudian pada tahun 1875 ditambah menjadi 7 dengan gelar berubah menjadi Dokter Medis (medical doctor). Secara resmi Universitas Indonesia beroperasi pada 2 Februari 1950.

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

eduday.osmansasi.com

 

Bagi kamu yang ingin berkuliah di perguruan tinggi keagamaan islam negeri di Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah menjadi tempat yang tepat. Lokasi kampusnya berada di Jalan Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Universitas ini masuk ke dalam daftar 10 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik di Indonesia. Dengan demikian, tentu kualitas pengajaran dan pendidikannya tidak perlu diragukan lagi.

3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

hoteldekatkampus.com

 

Universitas Negeri Jakarta atau yang lebih dikenal dengan UNJ berdiri pada tahun 1964. Universitas ini banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru karena kualitas pengajar maupun lulusannya yang mumpuni.

4. Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN)

rilis.id

 

Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) merupakan perguruan tinggi negeri terbuka yang menyelenggarakan program Magister pendidikan akademik, vokasi, serta profesi khusus di bidang dibidang pertahanan dan bela Negara.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

beritatrans.com

 

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Awalnya, Sekolah Tinggi ini bernama Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) atau Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) Jakarta.STIP Jakarta terletak di Jalan Marunda Makmur Kelurahan Marunda,Kecamatan Cilincing,Jakarta Utara.

6. Politeknik Negeri Jakarta

ayokuliah.id

 

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri di Jakata yang menyelenggarakan program pendidikan Diploma III yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan SDM profesional di sektor industry (industri jasa maupun manufaktur). Bobot pembelajaran di PNJ yakni 55% teori dan 45% praktik. Selama ini, PNJ telah menjalin banyak kerjasama dengan instansi atau lembaga pemerintahan dan non pemerintahan, antara lain Pusat Grafika Indonesia, PT. Jasa Marga, dan PT.PLN. Saat ini, terdapat 34 program studi yang bisa kamu pilih jika ingin kuliah di PNJ.

7. Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI)

stmi.ac.id

 

Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di bawah naungan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.

STMI menjalin kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung dalam mengembangkan kurikulum serta program studinya. STMI berkomitmen untuk mencetak lulusan yang mampu memenuhi kebutuhan tenaga manajer operasional di sektor industri, terutama sektor formal. Namun tidak menutup kemungkinan para lulusannya bekerja di sektor industri kecil dan menengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here