Kuliah di luar negeri memang kerap menjadi impian bagi banyak orang, kamu mungkin salah satunya. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan ketika hendak memutuskan untuk berkuliah di luar negeri. Selain kualitas universitas, biaya kuliah dan biaya hidup juga menjadi pertimbangan yang harus dipertimbangkan secara matang.

Sekarang, kamu nggak perlu risau geng untuk mempertimbangkan hal-hal tersebut. Karena ada universitas di luar negeri dengan biaya kuliah murah namun tidak murahan karena kualitasnya juga baik. Berikut ini adalah universitas berkualitas namun memiliki biaya kuliah termurah di dunia. Yuk simak.

1. Scuola Normale Superiore

commons.wikimedia.org

 

Scuola Normale Superiore merupakan perguruan tinggi yang berada di Italia yang menduduki peringkat pertama sebagai perguruan tinggi berkualitas (peringkat ke-184 dunia sebagai universitas terbaik) dan termurah di dunia. Berapa biaya kuliah di universitas ini? Nggak tanggung-tanggung loh geng, yakni 0 poundsterling. Mantap kan? Gimana dengan biaya hidup di negara ini? Tenang, karena Scuola Normale Superiore juga menawarkan bantuan biaya hidup bagi mahaiswanya.

2. Scuola Superiore Sant’Anna

masterstudies.com

 

Peringkat ke-2 masih diduduki oleh universitas di Italia, yakni Scuola Normal Sant’Anna. Tidak berbeda jauh dengan Scuola Normale Superiore, biaya kuliah di universitas ini juga 0 pounstreling dan ada juga bantuan hidup untuk para mahasiwanya. Scuola Normale Sant’Anna tergolong universitas muda, karena baru didirikan pada tahun 1987. Tapi kiprahnya tidak diragukan lagi, pasalnya universitas ini masuk ke dalam 10 besar universitas muda yang berprestasi. Tidak hanya itu, Scuola Normale Sant’Anna juga menempati peringkat ke-155 sebagai universitas terbaik dunia.

3. KTH Royal Institute of Technology

uq.edu.au

 

Pada peringkat ke-3 ditempati oleh KTH Royal Institute of Technology yang berada di Swedia. Swedia dikenal sebagai tempat menuntut ilmu terbaik dilihat dari kualitas pengajarnya. Selain itu, biaya kuliah di Swedia juga terbilang murah. Terutama di KTH Royal Institute of Technology.

Universitas ini membandrol biaya kuliah 0 pundstreling. Namun, berbeda dengan Scuola Normale Superiore dan Scuola Normal Sant’Anna, universitas ini tidak menawarkan bantuan biaya hidup. Jadi, kamu harus mempunyai uang sendiri untuk menopang hiudpmu selama di Swedia, yakni sekitar GBP4.569 atau setara dengan Rp78,5 juta.

4. TU Dresden

educationbro.com

 

Dari Swedia kita beralih ke Jerman, yakni TU Dresden yang menempati peringkat ke-4 sebagai universitas termurah di dunia. Berbeda dengan tiga universitas sebelumnya, TU Dresden tidak membandrol biaya kuliah 0 poundsterling, melainkan sebsear GBP346 atau setara dengan Rp. 5.900.000. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan biaya hidup sebesar GBP5.101 atau setara Rp. 87.600.000.

5. University of the Witwatersrand

educonnect.co.za

 

Keempat universitas sebelumnya memang berada di Eropa. Nah, bagi kamu yang ingin kuliah di luar Eropa dengan biaya yang masih tergolong murah namun tetap berkualitas, maka University of the Witwatersrand menjadi pilihan yang tepat.

University of the Witwatersrand berada di Afrika Selatan dan merupakan salah satu universitas terbaik di Afrika Selatan. Meskipun tidak gratis seperti Scuola Normale Superiore, Scuola Superiore Sant’Anna, dan KTH Royal Institute of Technology, serta tidak semurah TU Dresden.

Biaya kuliah yang ditawarkan oleh University of the Witwatersrand yakni sebesar GBP4.392 atau setara Rp. 75.400.000. Sedangkan untuk bisaya hidupnya mencapai GBP1.513 atau Rp. 26.000.000.

Nah, itu dia geng, 5 kampus berkualitas dengan biaya termurah di dunia versi THE 2017. Semoga bermanfaat sebagai informasi dan referensi buat kamu yang berniat kuliah di luar negeri. Tetap semangat menuntut ilmu yak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here