Buat kamu yang sudah membidik perguruan tinggi negeri di Yogakarta, nggak ada salahnya kamu juga membidik perguruan tinggi swasta. Kenapa? Ya buat jaga-jaga, semacam sedia payung sebelum hujan. Perguruan tinggi negeri memang idaman, tapi yang wasta nggak ada salahnya dijadikan pilihan. Terlebih perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, nggak perlu ditanya kualitasnya deh. Jempolan, nggak main-main.

Nah, berikut ini adalah 5 perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk simak:

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

indbeasiswa.com

 

Universitas swasta yang dulunya bernama Sekolah Tinggi Islam ini merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia, yakni dibangun sejak 8 Juli 1945. Kampus utama UII berada di Jl. Kaliurang KM 14,5, sedangkan kampus lainnya tersebar di beberapa sudut kota Yogyakarta.

Fakultas yang ada di UII yakni antara lain: Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Agama Islam Fakultas Psikologi dan Ilmu Budaya. PTS yang satu memiliki fasilitas yang memadai, antara lain berupa pondok pesantren dan gelanggang.

2. Universitas Sanata Dharma (USD)

kelaskaryawan.org

 

Universitas Sanata Dharma merupakan universitas Katholik bergengsi di Yogyakarta yang sudah berdiri sejak 1950. Terdapat beberapa fakultas yang bisa kamu pilih di universitas ini, antara lain yakni Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra, Fakultas Psikologi dan masih banyak lainnya.

Dari sekian banyak fakultas, yang menjadi unggulan yakni Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Hal tersebut terbukti dari kualitas lulusannya yang menjadi tenaga pendidik handal. Bagi kamu yang berniat menjadi tenaga pendidikan, bisa banget nih mendaftar di Universitas Sanata Dharma.

3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

uajy.ac.id

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) didirikan pada 27 September 1965 dan dikenal juga sebagai salah satu PTS bergengsi di Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki 6 fakultas yakni: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknologi Industri.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

umy.ac.id

 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang lebih sering disebut UMY merupakan universitas islam swasta di Jogja yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Didirikan pada 1 aret 1981 oleh Profesor Dr. Kahal Muzaki, kini UMY telah berkambang pesat menjadi salah satu universitas bergengsi. Beberapa fakultas yang bisa kamu pilih di UMY yakni, Fakultas Agama Islam, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum dan Fakultas Pertanian.

Kampus yang terletak di Jalan Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul ini berkomitmen untuk menciptakan insan yang memiliki kepribadian dan moralitas Islami, sehingga kelak berguna bagi diri sendiri dan lingkungannya.

5. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND

ayokuliah.id

 

Anak IPA mana suaranya? Kamu bisa banget nih daftar di Institut Sains dan Teknologi AKPRIND. Fakultas yang adi di kampus ini yakni Fakultas Sains Terapan, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Mineral. Lokasi kampus AKPRIND tersebar di beberapa sudut kota Yogyakarta, salah satunya berada di Klitren, Gondokusuman.

Itulah 5 perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta yang bisa kamu jadikan referensi tempat kuliah. Jika tertartik, segera kunjungi website resmi dari masing-masing PTS di atas untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Jangan sampai ketinggal info ya, sayang sekali kalau gagal kuliah di Yogyakarta. Kota yang dikenal sebagai kota pelajar ini memiliku kultur pendidikan yang unggul, loh.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here