Sudah baca tulisan sebelum-sebelumnya tentang kota di Indonesia yang menjadi destinasi favorit mahasiswa untuk menuntut ilmu? Nah, di dalamnya tercantum Kota Solo loh. Ya, Solo memang menjadi salah satu destinasi favorit mahasiswa untuk menuntut ilmu. Di kota ini terdapat perguruan tinggi negeri yang berkualitas. Bagi kamu yang berniat untuk kuliah di Solo, berikut adalah daftar perguruan tinggi negeri di kota Solo yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk simak.

1. Universitas Sebelas Maret

solo.tribunnews.com

 

Universitas Negeri Sebelas Maret berlokasi di Jalan Ir. Sutami 36 A, Surakarta. Universitas ini berdiri pada 11 Maret 1976 dan merupakan penggabungan dari berberapa perguruan tinggi yang ada di Solo pada saat itu. Setahun berdiri, UNS kemudian memili kampus induk terpadu di Kentingan, Jebres, Suakarta. UNS menyelenggarakan program pendidikan diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktoral. Fakultas yang bisa kamu pilih di UNS yakni: Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Hukum

Tertarik untuk menjadi bagian dari UNS? Kamu bisa mengunjungi uns.ac.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

2. Institut Agama Islam Negeri Surakarta

wikimapia.org

 

Sebelum beralih status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, perguruan tinggi islam negeri ini beranana STAIN Surakarta dan didirikan pada 12 September 1992 di Solo. IAIN Surakarta menyelenggarakan program sarjana dan pascasarjana yang terbagi menjadi 4 fakultas dan 1 pascasarjana yakni Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta pascasarjana (program : Manajemen Pendidikan Islam, Ilmu Qur’an dan Tafsir, Manajemen Keuangan Syariah, dan Pendidikan Bahasa Arab)

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa datang ke alamat kampusnya, yakni di Jl. Pandawa, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Atau bisa juga mengunjungi website iain-surakarta.ac.id

3. Poltekkes Kemenkes Surakarta

vilep-pusdik.kemenkes.go.id

 

Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) secara administratif berada di bawah naungan Badan PPSDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan dan merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Poltekkes Kemenkes Surakarta menyelenggarakan program Diploma III dan IV. Kampus ini berdiri pada tanggal 16 April 2001 dan merupakan penggabungan antara Akademi Keperawatan, Akademi Fisioterapi ,Akademi Kebidanan, dan Akademi Okupasi Terapi. Jurusan yang bisa kamu pilih di Poltekkes Kemenkes Surakarta yakni Keperawatan, Kebidanan, Ortotik Prostetik, Fisioterapi, Okupasi Terapi, Akupunktur, Terapi Wicara, dan Jamu.

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa datang langsung ke JL. Letjend Sutoyo, Mojosongo, Surakarta. Atau bisa juga mengunjungi website poltekkes-solo.ac.id.

4. Institut Seni Indonesia Surakarta

jateng.merdeka.com

 

Kampus yang beralamat di Jl. Ki Hadjar Dewantara 19 Surakarta ini berdiri pada 15 Juli 1964 dengan nama Akademi Seni Karawitan Indonesia (AKSI) Surakarta. Kemudian pada 12 September 1988 berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta. Pada 11 September 2006 berubah nama menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta hingga sekarang.

Bagi kamu yang memili passio di bidang seni, cocok banget nih mendaftar di ISI Surakarta. Fakultas yang bisa kamu pilih yakni Fakultas Seni Pertunjukan (Pedalangan, Karawitan, Etnomusikologi, Seni Tari,), Fakultas Seni Rupa dan Desain (Kriya Seni, Seni Media Rekam, Seni Rupa Murni, Desain), dan Pascasarjana (S2 Penciptaan dan Pengkajian, S3 Penciptaan dan Pengkajian Seni)

Uuntuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website isi-ska.ac.id.

5. UPBJJ – Universitas Terbuka Surakarta

ut.ac.id

 

Bagi kamu yang ingin kuliah sambil bekerja, bisa mencoba mendaftar di Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ ) Universitas Terbuka Surakarta. Di sini kamu bisa belajar jarak jauh menggunakan berbagai media pembelajaran. Jadi kamu tidak harus melakukan tatap muka selama proses belajar mengajar. UPBJJ-UT Surakarta sendiri merupakan merupakan unit pelaksana teknis Universitas Terbuka di Surakarta.

Fakultas yang bisa kamu pilih yakni Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa datang ke Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5 atau mengunjungi website surakarta.ut.ac.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here