Seperti yang kita ketahui, kebanyakan destinasi favorit pelajar untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi berada di Pulau Jawa. Namun sebenarnya kamu tidak harus pergi ke Pulau Jawa untuk menuntut ilmu. Bagi kamu yang berada di Sulawesi misalnya, kamu bisa bisa mendaftar di perguruan tinggi yang ada di sana.

Nah, kali ini kami sajikan daftar perguruan tinggi negeri di Makassar. Selamat menyimak dan semoga berminat.

1. Universitas Hasanudin ( UNHAS )

video.quipper.com

 

Awalnya, Universitas Hasanuddin merupakan cabang Fakultas Ekonomi UI yang berada di Makassar. Setelah sempat dibekukan karena suatu hal, Fakultas Ekonomi ini kembali dibuka pada 7 Oktober 1953 di bawah pimpinan Prof. Drs. G.H.M. Riekerk. Fakultas Ekonomi secara resmi berganti menjadi Universitas Hasanudin pada 10 September 1956.

Adapun fakultas yang bisa kamu pilih di UNHAS yakni: Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kehutanan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Sastra , Fakultas Teknik, Program Pasca Sarjana, Fakultas Ekonomi

2. UIN Alaudin

pojoksatu.id

 

Nama UIN Alaudin diambil dari nama raja Kerajaan Gowa XIV pertama yang memeluk Islam, yakni yakni Mangnga’rangi Daeng Manrabbia Sultan Alauddin. Awalnya, UIN Alaudin bernama IAIN Alaudin dan hanya memiliki 5 fakultas. Setelah beralih status, fakultasnya bertambah menjadi 7, yakni Fakuktas Syari’ah dan Hukum, Fakuktas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Prgoram Pascasarjana(PPs).

3. Universitas Negeri Makassar ( UNM )

krikom.id

 

Universitas negeri Makassar tidak dapat dilepaskan dari sejarah panjang berdirinya IKIP Ujung Pandang. Awalnya, IKIP Ujung Pandang merupakan bagian dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) dari Universitas Hasanuddin Makassar. Kemudian padaSeptember 1964 s.d. Januari 1965 beralih status menjadi IKIP Yogyakarta cabang Makassar. Pada tanggal 5 Januari s.d. 3 Agustus 1999, beralih status kembali dengan nama IKIP Makassar. Kemudian, terhitung sejakk 4 Agustus 1999 hingga sekarang berstatus Universitas dengan nama Universitas Negeri Makassar (UNM)

4. STIA LAN Makassar

mapio.net

 

STIA LAN Makassara merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara. Awalnya, perguruan tinggi ini hanya menerima mahasiswa dari kalangan PNS dan Aparatur Negara. Namun untuk saat ini, STIA LAN telah membuka pendaftaran mahasiswa baru dari berbagai kalangan/ umum.

5. Politeknik Negeri Ujung Pandang

facebook.com

 

Awalnya, Politeknik Negeri Ujung Pandang bernama Politeknik UNHAS dan merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin. Setelah 10 tahun beroperasi, tepatnya pada 28 April 1997, Politeknik Universitas Hasanuddin berganti nama menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang dan dipercayakan untuk dikelola secara mandiri.

Politeknik Negeri Ujung Pandang menyelenggarakan program pendidikan D3 dan D4. Saat ini Politeknik Negeri Ujung Pandang memiliki 6 Jurusan, 11 program studi untuk jenjang D3 dan 10 program studi D4.

Beberapa program studi yang bisa kamu pilih yakni: Teknik Sipil, Teknik Listrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Konversi Energi, Administrasi Bisnis dan Akuntansi , dan Akuntansi Manajerial.

Nah, itulah 5 perguruan tinggi negeri yang ada di Makassar. Jika kamu tertarik untuk mendaftar di salah satu perguruan tinggi di atas, atau bahkan lebih dari satu, kamu bisa mengunjungi website dari masing-masing perguruan tinggi tersebut untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai jadwal pendaftaran mahasiswa baru, daftar jurusan dan prodi, biaya, profil, daftar beasiswa, dan lain-lain. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here