Home / NgeTrip / Destinasi / 5 Kuliner Yogyakarya yang Unik. Kalian Wajib Coba
www.wisatakuliner.com

5 Kuliner Yogyakarya yang Unik. Kalian Wajib Coba

Liburan atau sededar mampir ke suatu Kota rasanya belum lengkap kalau belum nyicip makanan khasnya. Setuju nggak? Nah, kali ini kita bakalan menelusuri wisata kuliner Yogyakarta. Yuk, siap-siap manjakan lidah kalian geng.

1. Sate Klathak Pak Bari

sewamotordijogja.com

 

Sate Klatak Pak Bari merupakan sate yang paling terkenal di Yogyakarya. Namanya semakin terkenal sejak digunakan sebagai tempat shooting film AADC 2. Jika pada umumnya sate kambing ditusuk dengan tusuk dari bambu, tapi lain halnya sama sate yang satu ini. Sate klathak menggunakan jeruji besi sebagai tusuknya. Kok pake jeruji besi yak? Tujuaannya yaitu agar panas terhantar dengan baik, sehingga daging matang sampai ke bagian terdalam.

Selain tusuknya yang unik, bumbu dari sate ini juga unik loh geng. Yaitu menggunakan taburan garam dengan sedikit ketumbar. Penasaran? Langsung aja deh cobain sate klathak dan rasakan sensasi makan sate kambing dengan rasa yang unik dan nikmat. Kalian bisa menikmatinya sambil beradegan ala-ala Cinta dan Rangga dalam film AADC 2. Hixhix

2. Gudeg Pawon

gudegkalengku.blogspot.com

 

Gudeg Pawon berlokasi di Jl. Janturan 36-38, Warungboto, Yogyakarta. Merupakan salah satu gudeg terkenal di Jogja yang nggak pernah sepi pengunjung. Yang unik dari warung ini yaitu pembeli akan dilayani di pawon atau langsung di dapurnya. Gudeg dengan rasa manis yang pas dipadukan dengan daging ayam kampung yang empuk bakalan bikin nagih deh geng. Bahkan nih, banyak masyarakat dari luar Jogja yang rela antri panjang demi menikmati gudeg pawon yang khas ini. Kalian rela ngantri nggak?

3. Angkringan Kopi Joss Lek Man dan Lek No

www.yogyes.com

 

Angkringan merupakan warung pinggir jalan khas Yogyakarta yang menjual berbagai makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Kalau kalian ke Yogyakarta, mulai sore sampai malam pasti banyak angkringan berjejer di pinggir-pinggir jalan. Tapi ada satu nih yang paling terkenal dan legendaris, yaitu Angkringan Kopi Joss Lek Man dan Lek No, terletak di sebelah Stasiun Tugu. Menu yang disajikan merupakan menu khas angkringan, antara lain nasi kucing, gorengan, sate telur puyuh, dan lain sebagainya.

Selain menu tersebut, Angkringan Lek Man dan Lek No merupakan pelopor Kuliner Kopi Joss. Kenapa namanya joss? Ini lantaran bunyi yang dihasilkan ketika arang yang masih membara dicelupkan ke dalam kopi panas, josssss. Begitu bunyinya geng.

Fyi, dulunya tempat ini merupakan tempat nongki-nongkinya para seniman dan budayawan Yogyakarta loh geng. Tapi sekarang udah jadi tempat nongki bagi siapapun yang ingin menikmati makanan khas angkringan dan kopi joss yang melegenda. Meskipun angkringan ini selalu ramai pembeli, kalian nggak perlu khawatir kalau nggak kebagian tempat duduk. Karena pengelola angkringan bakalan menyediakan tikar di sepanjang trotoar. Angkringan Lek Man dan Lik No bisa kalian sambangi mulai pukul 4 sore dan tutup pada pukul 03.00 dini hari.

4. Jejamuran Resto

www.mesikapw.com

 

Selanjutnya ada Jejamuran Resto. Restoran ini menjual berbagai macam olahan jamur yang unik dan pastinya dengan cita rasa yang sangat lezat, mulai dari jamur crispy, jamur asam pedas, jamur asam manis, ada juga gulai jamur dan tongseng jamur.

Sambil menunggu pesanan datang, kalian bisa duduk di dekat kolam sambil melakukan terapi ikan. Wah, menunggu jadi nggak membosankan kalau caranya kayak gitu. Ya kan?

5. The House of Raminten

indoturs.com

 

The House of Raminten terletak di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Rumah makan ini merupakan bukti bahwa makanan tradisional bisa disajikan secara elegan. Ya, menu-menu yang disajikan memang merupakan menu tradisional di Yogyakarta. Uniknya, tempat ini memiliki desain dan konsep bangunan yang bertemakan Rumah Tradisional Jawa. Keuinikan lainnya terletak pada busana yang dipakai oleh para pelayannya, yaitu busanan adat jawa berupa kemben.

Aroma dupa dan koleksi benda-benda khas jawa bakalan menyambut kalian ketika baru saja memasuki ruangan. Untuk memanggil pelayan, di meja disediakan kenthongan. Sebagai pelengkap, kalian bisa makan sambil ditemani alunan gendhing jawa yang menenangkan.

Menu unggulan di The House of Raminten yaitu minuman bernama β€œperawan tancep.” Wah, minuman kayak gimana tuh? Minuman ini merupakan campuran berbagai rempah-rempah dengan rasa yang khas dan unik.

Gimana geng? Tergoda nggak buat mencicipi kuliner khas Yogyakarta? Sakian dulu yak. Semoga bermanfaat. See you on the next happy eating.

 

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Harapan BI Usai Gelar GenBI Leadership Camp 2017

Dilansir dari replubika.co.id. Bank Indonesia (BI) mengajak mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi …

Seputar Jurusan Ilmu Perpustakaan

Kalian sering ke Perpustakaan? Emh, atau paling nggak ya pernah kan ke Perpustakaan? Buku-buku yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *