Di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat, kebanyakan pemuda lebih tertarik untuk mempelajari bahasa asing. Tapi, bagi kalian yang memang punya passion di bidang sastra Indonesia nggak perlu minder, kalianlah pahlawan Bahasa Indonesia. Eakk.
Di Indonesia sendiri, banyak Universitas yang memiliki Jurusan Sastra. Nah, berikut ini adalah daftar Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia terbaik berdasarkan peringkat Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Yuk simak.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

www.ikapsiundip.id

Prodi Sastra Indonesi UNDIP memiliki Visi:
Menjadi pusat studi bahasa dan satra Indonesia yang dijadikan acuan nasional, regional, dan internasional.
Sejak tahun 2008, prodi Sastra Indonesia Universitas Diponegoro telah mendapat Akreditasi A dari BAN-PT. Selama lebih dari 5 dekade sejak berdiri pada 9 Januari 1957, Universitas yang didirikan oleh Soedarto, Soelaiman, Soesanto Kartoatmoho, dan Bardjo ini telah menunjukkan kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Di UNDIP, prodi sastra Indonesia berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

www.youtube.com

Program Studi Sastra Indonesia di UGM memiliki Visi:
Menjadi program studi berbasis penelitian bertaraf internasional yang responsif terhadap perubahan dan berorientasi kepada kepentingan rakyat berdasarkan Pancasila.Seperti halnya UNDIP, prodi sastra Indonesia di Universitas Gadjah Mada juga telah mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT. UGM setahun lebih lambat dibanding UNDIP dalam memperoleh akreditasi A pada prodi tersebut, yaitu pada tahun 2009.

Kampus yang dulunya merupakan almamater Bapak Jokowi ini menjadi salah satu kampus dengan prodi Sastra Indonesia terbaik di Indonesia. Prodi Sastra Indonesia di UGM juga berada di bawa Fakultas Ilmu Budaya.

Universitas Indonesia (UI)

www.anakui.com

Selang empat tahun dari akreditasi prodi Sastra Indonesia di UGM, pada tahun 2013 Universitas Indonesia juga berhasil mengantongi kareditasi A pada prodi yang sama. Sebagai salah satu Universitas terbaik di Indonesia, kualitas prodi Sastra Indonesia Unviersitas Indonesia sudah tidak diragukan lagi.

UI memang dikenal dengan berbagai program studi terbaiknya di Indonesia. Semua jurusan sastra di UI berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.

Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

infoonlineada.blogspot.com

 

Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia UNJ memiliki Visi:

Pada tahun 2019 akan menjadi pusat kajian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang unggul dan menghasilkan lulusan berakhlak mulia, berkemampuan akademis-profesional, berjiwa pemimpin, keratif-inovatif, dan mandiri berlandaskan karakter kebangsaan dan berorientasi global.

Universitas yang berdiri sejak tahun 1964 ini memiliki prodi Sastra Indonesia yang terakreditasi A, terhitung dari 31
Januari 2015, dengan nomor SK 032/SK/BAN-PT/Akred/S/1/2015. Prodi tersebut berada di bawah Fakultas Bahasa dan Seni.

Universitas Sanata Dharma

arsip.tembi.net

 

Program studi Sastra Indonesi Universitas Sanata Dharma memiliki visi:

Pada tahun 2030 menjadi program studi yang unggul di tingkat Internasional dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang cerdas dan humanis.

Program Studi Sastra Indonesia di Universitas Katolik swasta ini telah mendapatkan Kareditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2013. Berbeda dengan Universitas lain yang telah disebutkan di atas, prodi Sastra Indonesia di Sanata Dharma berada di bawah naungan Fakultas Sastra.

Nah, itulah daftar Universitas di Indonesia dengan prodi Sastra Indonesia terbaik. Bagi kalian yang memang memiliki passion di bidang sastra, baik yang udah jago nulis maupun baru mau belajar, jangan ragu lagi untuk masuk ke salah satu Universitas tersebut sebagai mahasiswa Sastra Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here