Gengs, bisa bayangin nggak kalau surga itu kayak perpustakaan? Buat kalian yang hobi baca, “asik banget tuh kalau surga kayak perpustakaan.” Buat kalian yang hobinya shopping, “kenapa nggak kayak mall aja, biar bisa shopping tiap hari.”

Yo wes, terserah Tuhan dah mau bikin surga yang kayak apa. Tapi, buat mahasiswa, perpustakaan yang nyaman dan lengkap bisa dikatakan kayak surga deh. Apa lagi pas  deadline tugas atau skripsi. Kalau perpusnya lengkap kan gampang nyari buku. Ditambah dengan suasana yang nyaman, beeeee, spesial pake telor deh pokoknya.

Gengs, jangan anggap perpustakaan sekedar tempat nongkrongnya rak-rak raksasa yang penuh dengan buku. Karena selain merupakan tempat untuk baca buku, perpustkaan juga jadi sumber referensi bagi mahasiswa, terutama mahasiswa semester akhir. Wkwkwkw

Ada yang pernah rasain, seharian berkelana dari rak satu ke rak lain, tapi nggak nemu buku yang kita cari. Gimana rasanya? Fyuhh banget deh. So, perpustakaan yang lengkap dan nyaman tentu jadi idaman setiap mahasiswa. Nah, berikut ini, ada 3 perpustakaan terbaik di Universitas terkemuka di Indonesia. Kalau kalian nggak termasuk mahsiswa Universitas tersebut, nggak apa-apa lah, kan boleh main ke perpusnya, nyari referensi. Asal jangan lupa isi buku tamu, pinjem sesuai prosedur yang berlaku di perpustakaan tersebut.

Yuk simak, ada perpustakaan mana aja sih?

Perpustakaan Universitas Indonesia

harrania.com

 

Emh, siapa yang belum tau kalau perpustakaan Universitas Indonesia (UI) didapuk sebagai perpustakaan terbaik di Indonesia Bahkan, perpustakaan ini juga didapuk sebagai perpustakaan dengan koleksi buku terkaya di Asia. Yang baru tau boleh deh ber-ohhh. Hehe. Kenapa bisa gitu yak? Soalnya nih, perpustakaan UI punya peket lengkap (nasi+lele+sambel+lalapan+es teh, heeee, bukan itu). Paketnya lengkapnya meliputi koleksi buku yang kaya, fasilitas yang nyaman, ruang serbaguna, dan ada kedai kopinya juga. Duhela, keren banget deh pokoknya.

Koleksi buku di perpustakaan yang terletak di kawasan Depok ini pada 2007 lalu mencapai angka 1.500.000 buku. Itu tahun 2007 loh, sekarang 2017. Bisa bayangin udah mencapai angka berapa yah koleksi bukunya sekarang?

Perpustakaan Institut Teknologi Bandung (ITB)

news.okezone.com

 

Selanjutnya, cus kita ke Kota Bandung, tepatnya ke Institut Teknologi Bandung (ITB) yang perpustakaannya berada di posisi kedua sebagai perpustakaan terbaik di Indonesia. Perpustakaan yang berdiri sejak 1920 tersebut juga kaya akan sejarah. Pada masa pendudukan Belanda, perpustakaan ini dikenal sampai ke manca negera karena punya koleksi yang kaya dan bermutu. Mulai dari ilmu rekayasa, ilmu pengetahuan alam, sosiologi, filosofi, sastra, musik, dan lainnya. Selain itu, perpustakaan ITB juga tercatat pernah menyimpan karya-karya dari berbagai tokoh terkenal dunia seperti Charles D.Darwin, William Shakespeare dan Goethe.

Perpustakaan Institut Pertanian Bogor

adesuhermanbogor.blogspot.com

 

Dari Bandung, kita beralih ke Bogor, kota hujan. Perpustakaan di Institut Pertanian Bogor (IPB) menempati posisi ketiga sebagai perpustakaan terbaik di Indonesia.

Fyi, ruang baca di perpustakaan IPB mencapai 8 ribu meter persegi dan telah memiliki jumlah pengguna yang lumayan besar pada 2016 yakni sebanyak 230.860 pengguna. Itu baru setahun yang lalu gengs. Tahun ini berapa yah jumlah penggunanya? Udah pasti meningkat dong, mengingat setiap tahunnya kan mahasiswa IPB juga semakin bertambah. Ya kan? Kita tunggu aja jumlah pastinya berapa.

Oh iya, perpustakaan di IPB ini juga dapet sertifikasi ISO 9001: 2015 pada bulan Januari 2017. Tepuk tangan buat IPB.

Demikian gengs, semoga bermanfaat yak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here