Padang merupakan salah satu destinasi favorit mahasiswa untuk menuntut ilmu. Pasalnya di Padang banyak terdapat kampus yang sudah berdiri sejak puluhan tahun silam. Kampus yang ada di kota ini meliputi universitas, perguruan tinggi, institut, dan akademi.

Diantara banyaknya kampus di kota yang terkenal dengan rendangnya ini, terdapat 3 kampus favorit yang menjadi serbuan para calon mahasiswa baru. Ada apa saja ya? Yuk simak.

1. Universitas Andalas

youtube.com

Universitas Andalas atau yang disingkat UNAND, merupakan perguruan tinggi negeri favorit di Padang yang berdiri pada 23 Desember 1955. Lokasinya berada di Limau Manis. Jaraknya dari pusat kota Padang sekitar 12 km. Universitas Andalas merupakan universitas tertua yang terletak di luar pulau Jawa dan merupakan universitas keempat yang diresmikan oleh Pemerintah Indonesia, yakni pada masa pemerintahan Soekarno-Hatta.

Seleksi masuk ke universitas ini terkenal sulit dan ketat. Banyak para calon mahasiswa yang harus merasakan pahitnya gagal diterima di Universitas Andalas. Terdapat 15 fakultas di UNAND yang bisa kamu pilih, yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Ekonomi, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Farmasi, Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Teknologi Informasi.

2. Universitas Negeri Padang

mapio.net

Universitas Negeri Padang (UNP) mempunyai motto yang unik karena menggunakan bahasa bahasa daerah, yakni bahasa minang. Mottonya berbunyi “Alam Takambang Jadi Guru”, artinya adalah belajarlah dari alam. Seleksi masuk ke Universitas Negeri Padang juga terkenal ketat. Bagi kamu yang berminat mengambil jurusan bidang pendidikan, cocok sekali mendaftar di universitas ini, pasalnya UNP unggul dalam bidang tersebut. Bahkan, stereotip yang muncul di masyarakat yakni mahasiswa yang kuliah di UNP merupakan calon guru.

Universitas Negeri Padang saat ini memiliki 7 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa, Sastra dan Seni, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Fakultas Ekonomi. Selain itu ada juga program magister kependidika dan non-kependidikan, serta serta program doktor kependidikan.

3. Universitas Bung Hatta

pictaram.com

Universitas Bung Hatta merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Padang yang berdiri pada 20 April 1981. Pendiriannya dilatarbelakangi oleh gagasan untuk ikut menyukseskan sektor pendidikan sesuai yang tertuang pada pasal 31(1) UUD 1945 dan GBHN, selain itu ketimpangan jumlah lulusan SLTA yang bisa ditampung di perguruan tinggi pada tahun 1980 yakni hanya 38%.

Nama universitas ini memang diambil dari nama salah satu tokoh pendiri bangsa yang berasal dari Sumatra Barat, yakni Bung Hatta. Julukan lain dari universitas ini yakni Kampus Sang Proklamator. Universitas Bung Hatta memiliki 3 kampus yang berada di lokasi berbeda. Kampus I berada di Jl. Sumatera Ulak Karang Padang, Sumatera Barat, kampus II berada di Jl. Bagindo Aziz Chan By Pass Aie Pacah Padang, sedangkan kampus III berada di Jl. Gajah Mada No. 19 Olo Nanggalo Padang, Sumatera Barat.

Saat ini Universitas Bung Hatta memiliki 7 fakultas, yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dan Fakultas Teknologi Industri. Sedangkan untuk pascasarjana tersedia program studi Teknik Sipil, Manajemen, Pengelolaan Sumber Daya Perairan dan Kelautan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ilmu Hukum dan Arsitektur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here