Home / Juguran / 3 Tips Move On dari (Kenangan) Mantan
pelangibersinar.blogspot.com

3 Tips Move On dari (Kenangan) Mantan

Ketika menjalin sebuah hubungan dengan lawan jenis, orang dewasa sudah sepantasnya berpikir ke arah yang lebih matang, yakni pernikahan. Walaupun yang terjadi di lapangan, anak SD aja sudah upload foto berdua sama pacarnya, lebih parah, caption-nya itu loh, udah nyrempet-nyrempet ke pernikahan. Lha kamu yang umur udah kepala dua, apa kabar? Diem-diem bae nggak ada tanda-tanda ngajak ke pelaminan gitu?

Hmm, sayangnya, ketika kita sudah membayangkan indahnya duduk bersanding di pelaminan bareng doi, apalah daya, kandas di tengah jalan. Bahkan, belum sampai di tengah, baru mulai sudah kandas. Mesakke.

Setelah kandas, sebagian orang susah untuk memulai hubungan yang baru karena belum move on. Termasuk seseorang yang request tulisan ini. Izinkan saya mengutip kata-kata Mbah Tedjo sebelum saya lanjutkan tulisan ini.

“Pindah kos-kosan dan beres-beres barang itu mudah, yang sulit itu membereskan kenangannya.”

Nah, dari ungkapan tersebut sudah jelas bahwa yang sulit dibereskan itu kenangan, sesuatu yang abstrak dan hanya ada di pikiranmu saja. Sementara orangnya, si mantanmu yang setelah putus tiba-tiba jadi lebih ganteng atau cantik, itu nggak susah untuk dilupakan. Hanya saja mungin dalam hati kamu ngedumel, ‘kok udah beda banget ya?’. Mantanmu yang nggak cantik atau ganteng-ganteng amat itu juga nggak sulit dilupakan, barangkali kamu malah sudah muak melihat fotonya. Terlebih fotonya bersama orang lain. Mantanmu yang udah menyia-nyiakan kamu itu juga nggak sulit dilupakan, hanya saja kamu kadang oon, masih saja belum bisa move on dari manusia yang secara jelas dan nyata sudah menyakitimu. Awas saja kalau kamu berdalih, ‘aku kan tulus mencintai dia. Dia udah nyakitin tapi aku tetap sayang’. Saudaraku, bodoh dan tulus itu beda tipis.

Oke, setelah baca tips move on berikut ini, semoga kamu bisa lekas move on dari mantan yak.

1. Niat

favim.com

 

Hmm, tips pertama ini sungguh mainstream. Tapi, niat itu memang penting sebagai fondasi kesungguhanmu untuk bisa move on. Niatkan dalam hati bahwa kamu siap dan akan berusaha untuk move on. Terkadang, kita sudah niat tapi kok ya tetap gagal. Tengok lagi, ada udang dibalik niatmu atau nggak?

Maksudnya gini, jangan-jangan, niat move on mu itu untuk pamer ke mantan kalau kamu sudah berhasil move on. Jangan gitu, tjuy. Justru hal tersebut akan merusak prosesi move on mu.

Lebih baik begini, bilang ke dirimu:

“move on ku bukan untuk membuat mantan menyesal, bukan untuk pamer ke dia dan khalayak ramai kalau aku sudah bisa move on. Move on ku adalah untuk membahagikan diriku sendiri dan mempersiapkan hati untuk mencintai orang yang tulus di kemudian hari.”

2. Kendalikan khayalanmu

gregetan.com

 

Kedua, kendalikan khayalanmu tentang berbagai kemungkinan indah yang bisa terjadi di kemudian hari. Semisal, kamu berkhayal tiba-tiba sang mantan datang, meminta maaf dan membawa harapan lagi tentang hari-hari indah yang akan dijalani. Atau kamu berkhayal kenangan indah saat bersamanya bisa terulang kembali. Fyuh.

Kalau kamu masih suka berkhayal demikian, berarti kamu belum benar-benar ingin move on dan masih merelakan hatimu untuk terluka lagi.

“Tidak ada patah hati yang berulang dan sengaja dibuat sendiri. Jika pun ada, itu bukan patah hati namanya, tapi membunuh kebahagiaanmu sendiri.”-kutuhati-

3. Kenangan adalah tempat persinggahan

pixabay.com

 

Bagaimapun juga, kenangan memang sulit untuk dilupakan. Jangan paksakan otakmu untuk melupakannya, jangan paksakan hatimu untuk tidak lagi merasakannya. Jika tiba-tiba kenangan bersama mantan terlintas kembali, biarlah dia lewat. Kamu pun boleh singgah pada ruang-ruang kenangan, tapi hanya singgah tjuy. Bukan untuk tinggal. Jika kamu masih menyimpan benda-benda pemberiannya, tidak harus kamu bakar, kamu buang, atau kamu kubur.

Tidak harus, karena sekali lagi, bukan tentang wujudnya, tapi sesuatu abstrak yang terus memenuhi pikiranmu. But, kalau kamu merasa perlu memusnahkan barang-barang tersebut, it’s ok. Itu hakmu, asal setelah itu kamu nggak menyesal dan mecari-cari barang tersebut loh ya.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

5 Perguruan Tinggi Terbaik di Aceh, Lengkap dengan Daftar Fakultas

Berminat kuliah di Aceh? Jika iya, kamu perlu tahu informasi tentang 5 perguruan tinggi terbaik …

3 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Jember

Kamu ingin kuliah di Jember tapi bingung mau pilih perguruan tinggi apa? Tenang, Jember memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *