Kamu ingin kuliah di Jember tapi bingung mau pilih perguruan tinggi apa? Tenang, Jember memiliki 3 perguruan tinggi negeri yang tentunya berkualitas. Berikut adalah 3 perguruan tinggi negeri terbaik di Jember, lengkap dengan daftar fakultas dan program studi yang bisa kamu pilih.

1. Universitas Negeri Jember

nasional.sindonews.com

 

Cikal bakal berdirinya Universitas Jember tidak terlepas dari keberadaan Yayasan Universitas Tawang Alun pada tahun 1958. Yayasan tersebut kemudian mendirikan sebuah universitas swasta di Jember bernama Universitas Tawang Alun (UNITA). Karena mendapat respon yang postif dari Bupati Jember pada saat itu, akhirnya pada 9 November 1964, UNITA beralih status menjadi Universitas Negeri Djember (UNED) dan memiliki 5 fakultas, yakni

Fakultas Hukum, Fakultas Sosial dan Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra. Saat ini Universitas Negeri Jember menyelenggarakan program pendidikan mulai dari jenjang diploma, sarjana, profesi, hingga spesialis. Tidak hanya itu, Universitas Negeri Jember juga menyelenggarakan program internasional untuk jenajng sarjana dan pascasarjana. Hal tersebut menjadikan Universitas Negeri Jember sebagai perguruan tinggi terbaik di Jemberdan tidak perlu diragunkan lagi kualitasnya.

Fakultas dan program studi Universitas Negeri Jember juga sangat beragam. Sehingga memungkingkan kamu membuat banyak pilihan. Hingga saat ini, Universitas Negeri Jember memiliki duabelas fakultas dan dua program studi.

Fakultas Hukum, terdiri dari jurusan Ilmu Hukum

Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, terdiri dari jurusan Perpajakan, Usaha Perjalanan Wisata, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Kesejahteraan Sosial, dan Sosiologi.

Fakultas Pertanian, terdiri dari program studi Agroteknologi dan Agribisnis.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, terdiri dari jurusan Manajemen Perusahaan, Administrasi Keuangan, Kesekretariatan, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi.

Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, terdiri dari jurusan PGSD, PAUD, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan IPA, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Sejarah.

Fakultas Ilmu Budaya, terdiri dari jurusan Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Ilmu Sejarah, serta Televisi dan Film

Fakultas Teknologi Pertanian, terdiri dari jurusan Teknik Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, dan Teknologi Industri Pertanian.

Fakultas Kedokteran Gigi, terdiri dari jurusan Kedokteran Gigi

Fakultas Matematika & IPA, terdiri dari jurusan Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia

Fakultas Kedokteran, terdiri dari jurusan Pendidikan Dokter

Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Fakultas Teknik, terdiri dari jurusanTeknik Mesin, Teknik Elektronika, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil.

Fakultas Farmasi, terdiri dari jurusan Farmasi

Program studi Ilmu Keperawatan dan Keperawatan

Program Studi Sistem Informasi

Informasi selengkapnya tentang Univesitas Negeri Jember bisa kamu akses di https://unej.ac.id/id/atau datang langsung ke Jalan Kalimantan No. 37, Kampus Tegalboto, Jember, Jawa Timur, 68121, Indonesia

2. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember

edunews.id

 

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember berdiri pada tahun 1965 dengan nama Institut Agama Islam Djember (IAID) dan hanya memiliki satu fakultas, yakni fakultas tarbiyah yang terdiri dari jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Kependidikan Islam (KI). Pada tahun 1997 beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember dan membuka fakultas baru yakni Syariah dan Dakwah. Kemudian, pada tahun 2014 beralih status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Saat ini, IAIN Jember memiliki 4 fakultas sebagai berikut.

Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan, terdiri dari program studi: Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Guru Radhatul Athfal (PGRA), Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, Tadris Biologi.

Fakultas Syariah, terdiri dari program studi: Al-Ahwal al-Syakhsiyyah/AS (Hukum Keluarga/Perdata Islam), Mu’amalah (Hukum Ekonomi Syari’ah), Hukum Tata Negara (Siyasah), dan Hukum Pidana Islam

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, terdiri dari program studi: Perbankan Syari’ah, Ekonomi Syari’ah, Zakat dan Wakaf, dan Akuntansi Syari’ah.

Fakultas Dakwah, terdiri dari program studi: Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah, Psikologi Islam

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, terdiri program studi: Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, dan Ilmu Hadist.

Informasi selengkapnya tentang IAIN Jember bisa kamu dapatkan di www.iain-jember.ac.id/ atau datang langsung ke Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur.

3. Politeknik Negeri Jember

edumor.com

 

Bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan vokasional pada jenjang perguruan tinggi, Politekni Negeri Jember menjadi pilihan yang tepat. Politeknik Negeri Jember sendiri sudah berdiri sejak 1988, sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya dalam menyelenggarakan pendidikan vokasional.

Saat ini,Politeknik Negeri Jember memiliki 8 jurusan sebagai berikut

Jurusan Produksi Pertanian: D-III Produksi Tanaman Hortikultura (PTH), D-III Produksi Tanaman Perkebunan (PTP), D-IV Teknik Produksi Benih (TPB), D-IV Teknologi Produksi Tanaman Pangan (TPP), D-IV Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP)

Jurusan Teknologi Pertanian: D-III Keteknikan Pertanian (TEP), dan D-III Teknologi Industri Pangan (TIP).

Jurusan Peternakan: D-III Produksi Ternak (TNK) dan D-IV Manajemen Bisnis Unggas (MBU)

Jurusan Manajemen Agribisnis: D-III Manajemen Agribisnis (MNA) dan D-IV Manajemen Agroindustri (MID)

Jurusan Teknologi Informasi: D-III Manajemen Informatika (MIF), D-III Teknik Komputer (TKK), dan D-IV Teknik Informatika (TIF)

Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata: D-III Bahasa Inggris Terapan (BIG)

Jurusan Kesehatan: D-IV Rekam Medik (RMD) dan D-IV Gizi Klinik (GKL)

Jurusan Teknik: D-IV Teknik Energi Terbarukan (TET) dan D-IV Mesin Otomotif (MOT)

Informasi selengkapnya tentang Politeknik Negeri Jember bisa kamu akses di http://www.polije.ac.id atau datang langsung ke Jl. Mastrip Kotak Pos 164, Sumbersari, Tegalgede, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here