Kalian mungkin udah sering denger kalau kuliah di UT itu “masuk gampang, lulusnya susah”. Mitos atau fakta yak? Fakta geng, untuk bisa masuk di UT emang gampang, tapi lulusnya susah. Jangankan buat lulus geng, buat dapet nilai di atas C aja nih, hmmm, perjuangan banget deh. Kalau bukan kerena adanya inisiatif dan kreatifitas diri sendiri, kemungkinan besar kalian bakalan berhenti di tengah jalan. Kuliah di UT emang gregetnya beda, nggak kayak kuliah di Perguruan Tinggi pada umumnya.

Kok bisa gitu yak? Kerana kuliah di universitas terbuka adalah kuliah yang mandiri. Mahasiswa dituntut buat nggak tergantung sama orang lain. Semuanya tergantung dirinya sendiri. Mau nilai bagus atau nggak, mau lulus atau nggak, semua tergantung diri sendiri.

Nilai emang jadi hal yang penting bagi seorang pelajar atau mahasiswa. Mendapatkan nilai bagus di universita terbuka nggak segampang di universitas/ sekolah tinggi lain. Nggak sedikit orang yang gagal menyelesaikan studinya gara-gara nilai, ditambah lagi dengan rasa malas yang luar biasa.

Biasanya nih, kendala awal kuliah di UT adalah males ikutan tuton (tutorial on line). Di UT nggak mengenal yang namanya Ujian Tengah Semester (UTS), adanya Ujian Akhir Semester (UAS). So, untuk penilaian akhirnya didapat dari nilai tugas di tutorial online (tuton) ataupun TTM, keaktifan mengikuti tuton ataupun mengikuti TTM dan nilai UAS.

Nah, kalau udah males ikutan tuton, nggak jauh-jauh pasti nilainya juga jeblok geng. Berikut ini ada 3 jurus ampuh supaya kalian bisa dapet nilai bagus.

1. Rajin ikutan tutorial online dan TTM

belajarronline.wordpres.com

 

Jurus yang pertama nih geng, kalian harus rajin ikutan turorial online (tuton) dan TTM. Pokoknya usahaian buat ikutan, kalau nggak sempat ya seenggakknya kalian akses tuton minimal seminggu sekali deh. Nah, kalau ikutan tuton juga jangan pasif yak geng, percuma deh kalo udah ikutan tapi pasif. Usahakan aktif dalam forum diskusi di tuton. Selain itu, kerjakan tugas-tugasnya. Jangan lupa tugasnya dikirim, percuma kalau udah dikerjain tapi nggak dikirim, nanti nilai kalian nol.

2. Wajib baca modul pembelajaran

www.elainebaileyinternational.com

 

Jurus yang kedua, kalian wajib bin banget baca modul pembelajaran. Modul ini diperlukan buat ngerjain tugas dan belajar untuk ujian. Kalau kalian mahasiswa UT pasti tahu deh wujud modulnya kayak apa, tapi buat kalian yang baru mau kuliah di UT, FYI nih, modul di UT beda banget sama buku pelajaran sewaktu kalian masih di sekolah , beda juga sama buku kuliah di tempat lain. Materi yang ada di modul UT udah diringkas dan dipadatkan dari berbagai macam buku kuliah yang umum. Selain itu bahasanya juga lebih sederhana.

3. Manajemen waktu dan usaha keras untuk melawan malas

zahiraaccounting.com

 

Manajemen waktu ini penting geng, jangan sampai kalian kelewat bebas karena sistem pembelajaran di UT yang nggak mewajibkan tatap muka setiap saat dan waktu pembelajaran yang fleksible.

Buat kalian yang kebetulan kuliah sambil kerja, manajemen waktu jadi hal yang penting banget. Tetapkan kapan waktunya belajar, kerja, istirahat, main sama temen, dan lainnya. Jangan sampai nilai jeblok gara-gara kerjaan, dan sebaliknya. Selain manajemen waktu, kalian juga harus berusaha keras melawan rasa malas. Susah sih, tapi mungkin kalian bisa. (Susah, tapi mungkin. Bukannya mungkin tapi susah. Oke )

Sekian dulu yak geng. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here