Home / Ngampus / 10 Universitas Terbaik di Semarang. Prestasinya Luar Biasa!
www.kampusundip.com

10 Universitas Terbaik di Semarang. Prestasinya Luar Biasa!

Kota Semarang mempunyai segudang kampus yang bisa kalian jadikan sebagai destinasi untuk menuntut ilmu. Nah, kali ini, kita cek yuk 10 Universitas terbaik di Kota Semarang.

1. Universitas Diponegoro

www.bintang.com

 

Universitas Diponegoro beralamat di Jalan Prof. Soedarto, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia dan termasuk ke dalam jajaran universitas terbaik di Semarang. Universitas ini telah banyak melahirkan tokoh-tokoh terkemuka, antara lain Muhammad Nasir (Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi di era Jokowi), Arief Hidayat, Muladi, Prof. Satjipto Rahardjo, Bondan Winarno, Tjahjo Kumolo, dan Baharuddin Loppa.

Berdasarkan peringkat Webometrics Universitas Diponegoro menduduki peringkat ke-7 di Indonesia dan 1517 di dunia. Pada tahun 2016, Universitas Diponegoro mewakili Indonesia dalam Fukuoka Japanese Program, serta dalam One Asian Youth Summit di Kamboja. Selain itu, Universitas ini juga sering mengadakan pertukaran mahasiswa ke luar negeri.

2. Universitas Negeri Semarang

hoteldekatkampus.com

 

Universitas ini dulu bernama IKIP Semarang, beralamat di Jalan Taman Siswa, Sekaran, Gunung Pati, Sekaran, Gn. Pati, Semarang, Jawa Tengah Seiring berjalannya waktu berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan peringkat Webometrics, Universitas Negeri Semarang menduduki peringkat ke 22 di Indonesia dan 3036 di dunia.

Universitas Negeri Semarang masuk ke dalam 10 besar MCC Tingkat Nasional tahun 2009, 5 besar Legal Drafting Competition di UNPAD, juara II Debat Tingkat Nasional di UKSW Salatiga, juara II Syahril Qur’an se-DIY dan Jawa Tengah tahun 2016.

3. Universitas Dian Nuswantoro

ayokuliah.com

 

Universitas ini beralamat di Jalan Nakula I No. 5-11, Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah. Universitas Dian Nuswantoro terkenal sebagai salah satu yang terbaik dalam menghasilkan lulusan tenaga dalam bidang teknologi dan informatika di Jawa Tengah.

Salah satu faktor yang mendukung adalah karena tersedianya fasilitas laboratorium komputer yang modern di kampus ini. Tapi, jurusan lain di Universitas ini juga nggak kalah bergengsi dan berkualitas dibandingkan dengan jurusan teknologi dan informatika. Fyi geng, Universitas Dian Nuswantoro menjadi salah satu kampus swasta favorit di Kota Semarang.

Berdasarkan peringkat Webometrics, Universitas Dian Nuswantoro menduduki peringkat ke-31 di Indonesia dan 3356 di dunia. Universitas ini seringkali dijadikan sebagai tempat studi banding oleh kampus lain, selain itu juga sering menjalin kerjasama dengen beberapa universitas di luar negeri.

4. Universitas Islam Sultan Agung

unisula.ac.id

 

Universitas Islam Sultan Agung merupakan salah satu kampus swasta berbasis keislaman terbaik di Kota Semarang. Visi dan misinya yaitu mencetak generasi muda yang unggul yang mampu mengkombinasikan antara kemampuan intelektual dengan kecerdasan rohani sehingga mampu menjadi generasi bangsa yang baik kedepannya.

Universitas Islam Sultan Agung beralamat di Terboyo Wetan, Genuk, Terboyo Kulon, Genuk, Semarang, Jawa Tengah. Berdasarkan peringkat Webometrics, universitas ini menduduki peringkat ke-59 di Indonesia dan 4618 di dunia. Beberapa prestasi yang telah diraih yaitu Finalis MAWAPRES (Mahasiswa Berprestasi) Tingkat Nasional tahun 2007, 2008, dan 2009, juara 2 Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional Tahun 2008, Delegasi MTQ di Moskow, Rusia pada tahun 2010.

5. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

kampusaja.com

 

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang beralamat di Jalan Walisongo No. 3-5, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah. Jika kalian ingin belajar ilmu agama pada jenjang perguruan tinggi negeri, UIN Walisongo bisa jadi prioritas pilihan. Berdasarkan peringkat Webometrics, UIN Walisongo menduduki peringkat 71 di Indonesia dan memiliki peringkat 4895 di dunia. Universitas ini seringkali mengadakan kerjasama dan studi banding dengen universitas lainnya di Indonesia.

6. Universitas STIKUBANK Semarang

www.daftarjurusan.id

 

Universitas STIKUBANK Semarang sering disebut UNISBANK Semarang beralamat di Jalan Tri Lomba Juang, Mugassari, Semarang, Semarang, Jawa Tengah. Universitas ini banyak melahirkan tenaga ahli dalam bidang ekonomi, bisnis, dan bidang teknologi informasi. UNISBANK Semarang menduduki peringkat ke 119 di Indonesia dan 7821 di dunia menurut versi Webometrics.

Fakultas yang ada di Universitas STIKUBANK Semarang antara lain, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Bahasa & Ilmu Budaya, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pariwisata.

7. Universitas Muhammadiyah Semarang

m.harianamanah.com

 

Universitas Muhammadiyah Semarang dikelola dan dimiliki oleh Yasayan Muhammadiyah, merupakan salah satu kampus swasta favorit di Kota Semarang. Beralamatkan di Jalan Kedungmundu Raya No.18, Kedungmundu, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Menurut versi Webometrics, UMS menduduki peringkat ke 134 di Indonesia dan 8905 di dunia. Universitas ini sering mengadakan kerjasama dengan instansi di luar negri. Pada tahun 2016 UMS memperoleh medali perunggu dalam kejuaraan Airlangga Championship Tapak Suci Nasional.

8. Universitas Katholik Soegijapranata

sinarharapan.net

 

Universitas Katholik Soegijapranata merupakan universitas swasta yang cukup terkenal dan menjadi favorit, khususnya di kota Semarang. Beralamatkan di Jalan Pawiyatan Luhur IV/1, Bendan Dhuwur, Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Menurut versi Webometrics, universitas ini menduduki peringkat ke 140 di Indonesia dan 9321 di dunia. Prestasi yang pernah diraih antara lain Juara I Dosen Berprestasi Kopertis Wilayah VI tahun 2011, 2012, 2014, dan 2015. Juara III Pengelolaan Keungan Terbaik Kopertis Wilayah VI tahun 2011.

9. Universitas Semarang

www.youtube.com

 

Universitas Semarang beralamatkan di Jalan Soekarno-Hatta, Tlogosari Kulon, Semarang, Jawa Tengah, didirikan oleh alumni Universitas Diponegoro sebagai salah satu bentuk kepedulian mereka untuk mengembangkan dunia pendidikan. Tenaga pengajarnya juga didatangkan dari Universitas Diponegoro. Menurut versi Webometrics, Universitas Semarang menduduki peringkat ke 172 di Indonesia dan 116.888 di dunia.

10. Politeknik Negeri Semarang

www.tribunnews.com

 

Politeknik Negeri Semarang sering disingkat Polines Semarang. Beralamatkan di Jalan Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Kampus ini mempunyai keunggulan, yaitu para tenaga pengajarnya merupakan praktisi handal pada bidangnya. Menurut versi Webometrics, Polines Semarang menduduki peringkat 191 di Indonesia dan 12.979 di dunia.

Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Semarang antara lain Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Akuntansi, dan Jurusan Administrasi Bisnis. Polines Semarang pernah meraih juara II LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) Nasional tahun 2016 di Semarang.

Nah, itu dia geng daftar 10 Universitas terbaik di Semarang. Semoga bermanfaat.

 

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *