Home / Ngampus / 10 Universitas Terbaik di Jawa Tengah
harga.web.id

10 Universitas Terbaik di Jawa Tengah

Sebagai salah satu provinsi di Pulau Jawa, Jawa Tengah bisa dikatakan sebagai pusat pendidikan. Banyak kampus-kampus ternama dan berkualitas di provinsi ini. Tidak mengherankan jika banyak calon mahasiswa tertarik untuk berkuliah di Jawa Tengah. Kondisi sosial, ekonomi, dan kebudayaan juga menjadi pertimbangan tersendiri untuk menghabiskan masa studi di Jawa Tengah.

Bagi kamu yang ingin berkuliah di provinsi ini, kamu perlu tahu daftar kampus terbaik di Jawa Tengah. Dengan demikian, kamu bisa mempertimbangan kampus mana yang akan dibidik. Kamu tentu ingin berkuliah di kampus terbaik bukan?

Nah, berikut ini merupakan 10 kampus terbaik di Jawa Tengah, baik negeri maupun swasta. Yuk simak:

1.Universitas Diponegoro

harga.web.id

 

Universitas Diponegero atau disingkat UNDIP merupakan universitas yang tidak hanya terbaik se-Jawa Tengah namun juga termasuk yang terbaik tingkat nasional. Lokasi kampusnya tersebar di beberapa titik kota Semarang dan Jepara, namun kampus pusatnya berada di Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang, Semarang.

Cikal bakal berdirinya UNDIP berawal dari dibentuknya Yayasan Universitas Semarang pada 4 Desember 1956 yang kemudian melahirkan Universitas Semarang. Secara resmi Universitas Semarang dibuka pada 9 Januari 1957. Kemudian pada dies natalis Universitas Semarang yang ke-3, presiden Indoensia saat itu, yakni Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro.

Sebagai Universitas terbaik di Jawa Tengah, UNDIP juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri. Hingga saat ini, UNDIP memiliki sebelas Fakultas, satu program pasca sarjana, dan program pendidikan vokasi. Adapun rinciannya sebagai berikut 21 Program Studi Diploma III (D3), 49 Program Studi Sarjana (S1), 35 Program Studi Magister (S2), 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi dan 13 Program Studi Doktor (S3).

2. Universitas Sebelas Maret

faktakampus.com

 

Sesuai dengan namanya, Universitas Sebelas Maret atau yang disingkat UNS, berdiri sejak 11 Maret 1976. Universitas ini terletak di Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Sebagai salah satu universitas terbaik di Jawa Tengah, UNS telah menjalin kerjasama kancah internasional dengan universitas terkemuka (world’s top 40 universities). Kerjasama tersebut terutama dalam bentuk pertukaran pendidik dan mahasiswa, penulisan jurnal ilmiah, dan join research.

Saat ini UNS memiliki 10 fakultas dan 1 pascasarjana yang terdiri dari 64. Adapun program studinya terdiri dari 64 program studi sarjana, 26 vokasi, 2 profesi, 42 magister, 16 doktoral, dan 14 pendidikan spesialis dokter.

3. Universitas Negeri Semarang

edumor.com

 

Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan universitas berwawasan konservasi, sesuai dengan visinya yakni “Menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.”

Awalnya, UNNES merupakan lembaga pendidikan dengan nama IKIP Negeri Semarang yang didirikan pada tahun 1965. Pada tahun 1999 berumaha status menjadi Universitas Negeri Semarang. UNNES memiliki 8 fakultas, yakni Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum. Program pendidikan yang diselenggarakan di kampus ini meliputi Sarjana (S1), Magister (S2), dan doktor (S3).

4. Universitas Muhammadiyah Surakarta

sangpencerah.id

 

Universitas Muhammadiyah memang merupakan universitas swasta yang tersebar di banyak daerah di Indonesia. Salah satu yang terbaik yakni teletak di Surakarta, tepatnya wilayah Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiah Surakarta berdiri sejak 1958 dan ssat ini memiliki 12 fakultas untuk program sarjana sarjana. Selain itu UMS juga memiliki fakultas untuk program pascasarjana.

5. Universitas Jendral Soedirman

unsoed.ac.id

 

Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) merupakan universitas negeri di Jawa Tegah yang berlokasi di Purwokerto, Banyumas. Nama kampus ini diambil dari nama seorang pahlawan nasional kelahiran Banyumas, yakni Jendral Soedirman. Universitas Jendral Soedirman menyelanggarakan program pendidikan jenjang Dimploma III, Sarjana (S1), Magsiter (S2), dan Doktor (S3).

6. Universitas Pancasakti Tegal

infotegal.com

 

Universitas Pancasakti Tegal berdiri pada 1 Maret 1980. Universitas swasta yang cukup tua ini semula bernama Universitas Pancasila Tegal. Program pendidikan yang tersedia di Universitas Pancasakti Tegal yakni Diploma III, Sarjana (S1), dan Magister (S2).

7. Universitas Kristen Satya Wacana

uksw.edu

 

Universitas Kristen Satya Wacana berdiri pada tahun 1956. Universitas ini merupakan salah satu universitas swasta tertua di Indonesia. Universitas Kristen Satya Wacana memiliki 15 fakultas dan terbagi menjadi 5 kampus. Semuanya berada di kota Salatiga.

8. Universitas Dian Nuswantoro

dinus.ac.id

 

Universitas Dian Nuswantoro berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Sesuai namanya, universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Dian Nuswantoro. Universitas Dian Nuswantoro merupakan gabungan dari sejumlah sekolah tinggi yang ada di Semarang. Sehingga tidak mengherankan jika Universitas Dian Nuswantoro memiliki banyak program studi dari berbgaai cabang keilmuan, seperti Ilmu Komputer, Ilmu Kesehatan, Ekonomi dan Bisnis, Tekni, dan Ilmu Budaya. Universitas Dian Nuswantoro menyelenggarakan program pendidikan jenjang S1 hingga S2.

9. Universitas Islam Sultan Agung

unissula.ac.id

 

Meskipun merupakan perguruan tinggi swasta, Universitas Islam Sultan Agung atau yang kerap disebut UNISSULA merupakan salah satu World Class Islamic Cyber University. Dengan motto “Bismillah Membangun Generasi khaira Ummah”, sudah jelas bawah universitas ini memegang teguh nilai-nilai keislaman sebagai dasar pelaksanaan pendidikan di kampus ini. Fyi, UNISSULA juga merupakan salah stau perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di Jawa Tengah. Loh. Dengan demikian tentu sepak terjang di dunia pendidikan tinggi sudah tidak diragukan lagi. Meski berasaskan nilai-nilai keislaman, namun program studi di UNISSULA tidak hanya seputar kesilaman loh.

UNISSULA menyelanggarakn program pendidikan jenjang Diploma III, Sarjana (S1), Magister (S1), hingga Doktor (S3).

10. Universitas Katolik Soegijapranata

edumor.com

 

Universitas Katolik Soegijapranata merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Tidak hanya terbaik di Jawa Tengah, universitas ini juga menjadi salah satu yang perguruan tinggi Katolik terbaik di Indonesia. Universitas Katolik Soegijapranata berada di bawah naungan Yayasan Sandjojo.

Universitas ini menyeleggarakan pendidikan jenjang Diploma III (satu program studi), S1 (delapan belas program studi) hingga program masgister (delapan progam studi). Hingga saat ini, Universitas Katolik Soegijapranata telah menjalin kerjasama baik dengan pihak dalam negeri maupun luar negeri.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *