Tidak dipungkiri bahwa kuliah di luar negeri menjadi dambaan banyak orang, hal ini salah satunya karena kulitas pendidikan di sana lebih baik. Sehingga ilmu dan pengalaman yang diperoleh tentu juga semakin baik. Semakin baik kualitas pendidikan yang didapat, maka semakin baik pula kualitas ilmu yang dimiliki.

Selain alasan tersebut, masing-masing oran tentu punya alasan lain. Sebelum kuliah di luar negeri, tentu kamu harus harus tahu dulu negara mana yang menjadi tujuan. Tentunya banyak pertimbangan dalam menentukan pilihan, yakni dari segi kualitas pendidikan, kualitas hidup, budaya dan faktor lainnya.

Untuk membantu kamu memilih negara tujuan, berikut ini adalah inforamasi tentang 10 negera terbaik untuk berkualiah di luar negeri. Yuk simak

1. Amerika Serikat

akademicindonesia.com

 

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa Amerika merupakan rumah bagi universitas terbaik di dunia, seperti Harvard, MIT, Stanford, Yale, dan Princeton. Sebagai negara terbaik untuk menempuh pendidikan tinggi, setiap tahunnya Amerika menerima 750.000 siswa internasional.

Kota favorit bagi mahasiwa untuk menempuh pendidikan tinggi di Amerika yakni Boston sebagai rumah bagi Harvard dan MIT, serta San Fransisco rumah bagi Stanford. Bisa menempuh pendidikan tinggi di negara ini tentu menjadi pengalaman luar biasa.

2. Inggris

karar.com

 

Inggris merupakan rumah bagi universitas terbaik sekaligus tertua di dunia, yakni University of Cambridge dan University of Oxford. Selain itu, ada juga universitas lain yang kualitas pendidikanna jempolan, yakni Imperial College London, University College London, dan University of Manchester.

Kuliah di Inggris bisa membuat kamu merasa betah, karena lokasinya merupakan perpaduan antara perkotaan dan pedesaan. Pemandangan yang ditawarkan oleh universita di Inggris sangat indah, bahkan University of Cambridge dan University of Oxford masuk kedalam kampus dengan pemandangan terindah di dunia. Dengan suasana yang demikian, berangkat ke kampus menjadi hal yang menyenangkan.

3. Australia

indiaeducation.net

 

Selain menjadi negara terbaik yang bisa dijadikan tujuan kuliah di luar negeri, Australia juga merupakan salah satu negara favorit bagi mahaiswa Indonesia. Universitas di Australia tidak kalah hebatnya dengan universitas di Amerika dan Inggris. Australian National University masuk ke dalam posisi ke 19 sebagai universitas terbaik dunia, dan University of Melbourne menempati posisi ke 42.

4. Kanada

teorema.com.mx

 

Kanada dikenal dengan sistem pendidikan yang bereputasi tinggi dan sangat dihormati. Negara yang indah, bersih, dan memiliki transportasi umum yang baik ini merupakan rumah bagi pelajar internasional sebanyak kurang lebih 250.000.

Selain karena sisstem pendidikanya, Kanada menjadi salah satu negara terbaik untuk meneumpuh pendidikan tinggi karena faktor lingkungan yang multikultural dengan orang-orang yang ramah. Lokasinya yang berbatasan dengan Amerika Serikat juga memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk berkunjung ke Amerika Serikat.

Kanada memiliki 3 universitas berkelas dunia yakni McGill University, University of Toronto dan University of British Columbia.

5. Jerman

educenter.id

 

Negara Jerman yang terletak di jantung Eropa, pada seratus tahun yang lalu merupakan rumah terbesar bagi mahasiswa untuk menempuh pendidikan terbaik. Hingga saat ini, Jerman dikenal sebagai negara yang menonjol di bidang teknik. Hal ini dibuktikan dengan adanya universitas teknik terbaik yakni Technische Universitat Munchen dan Karlsruhe Institute of Technology. Bagi kamu yang tertarik kuliah di Jerman, persiapkan kemampuan berbahasa Jerman dengan matang, karena sebagai besar perkuliaha menggunakan bahasa Jerman sebagai pengantarnya.

6. Finlandia

bestvaluecolleges.com

 

Selain sistem dan kualitas pendidikan di Finlandia, negara ini menjadi salah satu negara terbaik untk menempuh pendidikan karena banyak sekali kemudahan yang ditawarkan untuk para mahasiswa. Yakni, biaya kuliah gratis, potongan biaya transport, potongan fasilitas olahraga, makan di kantin, apartment dan lainnya.

Masyarakat Finlandia juga ramah terhadap mahasiswa asing. Tidak hanya itu, negara ini juga menawarkan pemandangan yang indah, nyaman, dan tenang. Bagi kamu yang suka ketenangan, cocok banget kuliah di Finlandia.

7. Swiss

visanerd.com

Tahukah kamu? Bahwa Swiss merupakan negara dimana Albert Einstein mendapatkan inspirasi untuk mencetuskan teori relativitas dan teori-teori hebat lainnya?

Kualitas pendidikan di negara ini tentu sudah tidak diragukan lagi, sebut saja ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology), universitas tersebut merupakan satu dari 5 universitas teknik terbaik di dunia dalam bidang teknologi.

Selain itu, letak negara ini yang berada di tengah benua Eropa juga akan memudahkan mahasiswanya untuk menjelajah negara lainnya.

8. Jepang

jadiberita.com

 

Negara di Asia juga ternyata ada loh yang masuk ke dalam jajaran negara terbaik untuk menempuh pendidikan, salah satunya yakni Jepang. Negara ini merupakan rumah bagi universitas unggulan di bidang sains, teknologi dan teknik. Lokasinya yang masih berada di Asia, membuat negara ini menjadi tujuan yang terjangkau jika kamu ingin kuliah di luar negeri.

Keindahan alam dan keramahan oran-orang Jepang akan membuat kamu betah menempuh pendidikan di negeri sakura ini.

9.Singapura

merdeka.com

 

Negara di Asia yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kualitas pendidikannya. Pasalnya, universitas terbaik Singapura, yakni National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) masing-masing menempati urutan ke 12 dan 13 sebagai universitas terbaik di dunia. Luar biasa bukan? Terlebih NTU baru berdiri pada tahun 1991. Kualitas pendidikan dan lokasinya yang dekat dengan Indonesia membuat negara ini patut kamu pertimbangkan sebagai negara tujuan untuk menempuh pendidikan tinggi.

10. Taiwan

ccn.com

Taiwan merupakan negara dengan kualitas dan daya saing pendidikan yang tergolong tinggi, selain itu biaya kuliah dan biaya hidup di negara ini juga sangat terjangkau. Taiwan memiliki beberapa universitas unggulan yakni National Taiwan University, Natioanl Chiao Tung University dan National Tsing Hua University.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here