Geng, kalian ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tapi bingung mau ambil jurusan apa? Ada rekomendasi jurusan yang kece dengan prospek kerja yang luas, yaitu jurusan komunikasi visual atau dekave (DKV). Lulusan DKV bisa kerja di perusahaan-perusahaan dengan ruang lingkup yang dinamis. Contohnya, kalian bisa kerja di advertising agency, branding agency, media masa atau percetakan, stasiun televisi, dan lainnya.

Di perusahaan tersebut, kalian bisa menempati posisi sebagai desainer grafis, animator, ilustrator, art director, cretive director, forografer, atau bisa juga sebagai videografer. Atau, kalau kalian berjiwa enterpreuner, bisa juga tuh buka usaha sendiri dengan berbekal kemampuan yang kalian miliki.

Nah, berikut ini 10Jurusan DKV Terbaik di Indonesia. Yuk simak.

1.Institut Teknologi Bandung

www.thejakartapost.com

Siapa sih yang nggak tahu ITB? Perguruan tinggi yang satu ini merupakan salah satu favorit dan paling diburu oleh dedek gemes lulusan SMA sederajat. Program studi DKV di ITB berdiri sejak tahun 1967 ketika Jurusan Seni Rupa FTSP ITB membuka Studio Grafis. Tokoh yang mengembangkan program studi tersebut yaitu A.D Pirous. Kurikulum DKV di ITB lebih menitikberatkan pada wawasan konseptual dalam berkarya, dengan tidak mengesampingkan kemampuan teknis yang mengikuti perkembangkan teknologi terkini.

2. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

maukemana.net

Kampus ISI Yogyakarta berlokasi di daerah Sewon, Bantul. Dulunya, DKV ISI bernama ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia) yang merupakan perguruan tinggi seni rupa tertua di Indonesia. Kuliah di DKV ISI Yogyakarta, kalian bakalan bersentuhan langsung dengan nilai-nilai kultural yang sangat kental. Event-event kebudayaan dan kesenian yang digelar di Yogyakarta bakalan merangsang proses kreatif dan berkarya kalian selama belajar di DKV ISI.

3. Universitas Sebelas Maret

www.brilio.net

Universitas Sebelas Maret atau dikenal dengan UNS punya jurusan DKV dengan kurikulum yang mengembangka kegiatan komunikasi berbasis visual. Hal tersebut sesuai dengan visi UNS, yaitu  menjadi pusat pengkajian, pengembangan desain komunikasi visual berbasis nilai-nilai kultural, kemanusiaan, dan lingkungan.

4. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

commons.wikimedia.org

Selanjutnya ada IKJ. Disini kalian bisa belajar desain dengan kualitas yang bagus. Selain bisa belajar materi desain grafis, kalian juga bakalan mempraktikkannya secara langsung, dan yang pastinya dengan tenaga pengajar yang berpengalaman di bidang tersebut. Terdapat 3 jurusan DKV di IKJ yang bisa kalian pilih, yaitu yaitu: desain grafis, peminatan ilustrasi, dan peminatan multimedia.

5. Universitas Negeri Semarang

www.panoramio.com

Semarang, kota yang kondang dengan makanan lumpia dan ikan bandeng ini memiliki universitas negeri favorit dengan jurusan DKV yang bisa menjadi pilihan, Universitas Negeri Semarang atau Unnes. Di Unnes, kamu bisa mempelajari desain komunikasi visual tak cuma dari segi teori, tapi juga tataran praktis. Dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti laboratorium dan studio praktikum kesenirupaan, Unnes melatih dan mengembangkan mahasiswanya untuk menjadi perupa profesional.

6. Universitas Trisakti Jakarta

akreditasi.net

Universitas Trisakti Jakarta, meskipun merupakan universitas swasta, tapi kualitas jurusan DKV di kampus ini nggak kalah keren loh. Universitas dengan julukan “Kampus Reformasi” ini memiliki beberapa fasilitas yang bakalan mendukung kalian untuk belajar desain, diantaranya ada studio fotografi, galeri seni dan desain, studio proses cetak dan masih banyak lainnya.

7. Universitas Pelita Harapan Jakarta

harga.web.id

Masih di Jakarta geng, ada Universitas Pelita Harapan (UPH). Kampus swasta yang satu ini mengedepankan invoasi, konseptual, dan pemikiran strategis dalam menyelesaikan permasalahan dan isu-isu terkini terkait desain. Beberapa fasilitas yang ada di jurusan DKV UPH yaitu studio lukis, laboratorium komputer, cetak, fotografi, dan lainnya. Di jurusan DKV UPH ada tiga konsentasi studio yang bisa kalian pilih, yaitu animasi, sinematografi, dan desain grafis.

8. Universitas Bina Nusantara (BINUS), Jakarta

kuliah-sabtu-minggu.com

Masih ada lagi nih kampus di Jakarta dengen jurusan DKV yang keren, yaitu Universitas Bina Nusantara atau lebih dikenal dengan Binus. Sejak tahun 1998, Binus udah punya jurusan Desain Grafis sebelum menjadi jurusan DKV pada tahun 2000. Berbagai fasilititas tersedia di kampus ini untuk menunjang proses belajar mengajar, seperti laboratorium multimedia, studio fotografi, perpustakaan, studio gambar, studio rekaman, dan lainnya.

9. Telkom University, Bandung

cikalnews.com

Udahan yak di Jakartanya. Sekarang kita cus ke Bandung, tepatnya ke jurusan DKV Telkom University atau biasa disebut Tel-U. Universitas swasta ini merupakan universitas berbasis Information and Communication Technology (ICT). Jurusan DKV Tel-U memiki dua konsentrasi yang bisa kalian pilih yaitu technopreneurship yang fokus pada penciptaan produk visual berbasis teknologi, dan multimedia marketing yang fokus pada perencanaan dan riset pemasaran produk visual.

10. Universitas Kristen Petra (UK Petra), Surabaya

mediasindoraya.com

Yang terakhir ada Universitas Kristen Petra (UK Petra). Kampus swasta di kota Surabaya ini punya jurusan DKV dengan akreditasi A loh. Keren kan? Jurusan DKV Petra menyediakan fasilitas lengkap yang lengkap, mulai dari laboratorium digital graphic dan multimedia, studio fotografi, studio menggambar, dan studio tugas akhir. Selain itu, ada pula fasilitas perpustakaan dan poliklinik yang bakalan menunjang proses belajar kalian.

Nah, itu dia geng, 10 Jurusan DKV terbaik di Indonesia. Silahkan dipilih sesuai minat dan pertimbangan-pertimbangan lainnya. Sekian yak, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here